Terkait Penanganan Virus Corona, Lieus Sungkharisma Puji Langkah Anies Baswedan & Sufmi Dasco Achmad

Koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma memuji langkah-langkah yang ditempuh Gubernur DKI, Anies Baswedan terkait penanganan sebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit covid-19. Tak hanya terhadap Anies, Lieus juga mengapresiasi sikap tanggap Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Achmad yang berhasil mendapatkan buku panduan penanggulangan virus Corona langsung dari Republik Rakyat China.

“Mereka berdua itu benar-benar leader. Calon-calon pemimpin Indonesia masa depan yang benar-benar peduli pada rakyat dan memiliki sensitifitas tinggi terhadap problem yang dihadapi masyarakat,” ujar Lieus.

Lieus menyebut, pujiannya pada kedua tokoh muda itu bukan asal njeplak.

“Fakta membuktikan, sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies adalah orang pertama di Indonesia yang berani terang-terangan menyatakan Jakarta dalam keadaan siaga penyebaran virus Corona, lalu menyiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasinya,” ujar Lieus.

Sedangkan Dasco, tambahnya, dengan hubungan internasionalnya yang cukup baik selaku Wakil ketua DPR RI, ia berhasil mendapatkan buku panduan bagi mengatasi virus Corona itu langsung dari Tiongkok sana,” ujarnya.

Seperti diketahui, di tengah kegalauan pemerintah terhadap berbagai isu terkait penyebaran virus corona yang mematikan itu, Anies Baswedan sejak awal menyebut sebaran virus corona tipe 2 yang menyebabkan penyakit covid-19 di Jakarta semakin meluas.

Bahkan ia langsung melakukan pemetaan dan meminta agar pemerintah pusat memberikan wewenang kepada Pemprov DKI Jakarta untuk turut memeriksa orang dengan suspect virus corona.

“Pasien positif covid-19 di Indonesia saat ini paling banyak berada di Jakarta. “Sebarannya cukup luas,” kata Anies. Dengan tegas Anies bahkan menyebut, bila BPJS tidak mau menanggulangi biaya pemeriksaan para suspect virus corona tersebut, Pemprov DKI siap mengatasi pembiayaannya.

Dikabarkan, hingga Jumat sore, ada 69 kasus positif covid-19 di Indonesia. Dua di antaranya merupakan balita. Anies bahkan memprediksi, sebanyak 6.000 orang akan terinfeksi virus corona (Covid-19) dalam waktu dua pekan ke depan jika pemerintah tidak melakukan langkah lebih serius mencegah penyebaran virus tersebut.

Sikap Anies yang cepat tanggap dan berani mengambil langkah-langkah antisdipasi itulah, menurut Lieus, yang harus diapresiasi.

“Anies tidak Cuma ngomong. Dia langsung mengerahkan sumberdaya yang dimiliki Pemprov DKI untuk mengantisipasi penyebaran Virus yang menghebohkan dunia itu,” tegasnya.

Pujian yang sama juga dialamatkan Lieus pada Sufmi Dasco Achmad yang berhasil mendapatkan buku Panduan untuk Penanggulan COVID-19 langsung dari otoritas Kesehatan Republik Rakyat China.

“Kabarnya buku panduan itu akan langsung diserahkan kepada Kementerian Kesehatan RI untuk menjadi buku panduan bagi Pencegahan, Pemantauan, Diagnosa dan Manajemen terkait Virus Corona,” ujar Lieus.

Sikap tanggap kedua tokoh itulah, kata Lieus, yang membuat Anies dan Dasco berbeda dengan pejabat lainnya.

“Terbukti keduanya tidak hanya memikirkan keselamatan diri sendiri. Keduanya benar-benar pemimpin yang peduli,” jelas Lieus sembari berharap buku pemberian Dasco yang berisi detail tentang pencegahan, pemantauan, diagnosa dan manajemen pengelolaan penyakit corona itu benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pemerintah RI.

Dalam konteks itu pula, Lieus sependapat dengan aktivis kemanusiaan Zeng Wei Jian yang meminta negara hadir untuk memberikan kepastian dan ketenangan agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi virus corona.

“Sebagai aktivis kemanusiaan pernyataan Zeng itu sangat benar. Untuk mengatasi masalah virus corona ini agar tidak membuat panik rakyat, pemerintah memang harus melibatkan semua elemen bangsa dan membuka ruang komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan negara-negara yang berhasil menangani kasus virus corona ini,” ujar Lieus.