Istana Akui Miliki Pesawat Baru, Sewa dari Garuda Indonesia

Istana mengakui menyewa pesawat dari Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300 ER untuk ASEAN-US Summit 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat, Maret mendatang.

“Memang pak presiden akan menghadiri ASEAN-US Summit 2020 di Amerika sekaligus kunjungan kenegaraan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (28/2).

Pramono mengatakan pihak istana harus menyewa pesawat lantaran pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) tipe 737-800 tak efisien jika digunakan untuk penerbangan jarak jauh.

Baca juga:  Ahoker Ini Terbukti Sebarkan Fitnah ke Gubernur NTB

Selain boros bahan bakar, pesawat kepresidenan BBJ juga mesti transit tiga kali menuju AS. Sementara dengan pesawat yang disewa hanya butuh transit satu kali.

“Itu harus tiga kali transit, setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya akhirnya menjadi lebih mahal. Dibandingkan pesawat yang selama ini digunakan (BBJ) lebih mahal, capek kemudian, yang diangkut juga terbatas,” katanya.

Oleh karena itu, pihak istana memutuskan untuk menyewa pesawat dari Garuda. Pramono mengklaim penyewaan pesawat itu dilakukan dengan persetujuan dari Jokowi.

“Ya biasa saja sebenarnya karena memang perjalanan jauh lebih murah. Kan presiden kita juga selalu meminta perjalanan lebih murah. Itu untuk yang jauh-jauh saja,” terang Pramono.

Baca juga:  Mudrick SM Sangidu Siap Pimpin People Power