Jokowi Panggil Ketua OJK ke Istana, Bahas Jiwasraya dan Asabri?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini telah memanggil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso untuk membicarakan sejumlah hal. Salah satu pokok bahasan diduga adalah soal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero).

Namun, Wimboh enggan menjelaskan detail pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa 14 Januari 2020.. “Enggak secara khusus [bahas Jiwasraya dan Asabri], umum saja,” katanya.

Baca juga:  Ekonomi Indonesia di Bawah Jokowi Nol Derajat

Wimboh juga menolak berkomentar ketika ditanya mengenai dugaan adanya saham gorengan di tubuh Asabri.

Ia hanya mengatakan bahwa selain soal Asabri, pertemuannya dengan Presiden Jokowi lebih banyak membicarakan hal-hal umum terkait ekonomi dan keuangan.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengonfirmasi bahwa Asabri mengalami penurunan nilai investasi pada portofolio saham seperti yang telah beredar publik.

Tiko menyatakan Asabri mengalami kerugian dari penurunan nilai saham dan reksa dana sahamnya. Namun, dia belum dapat menyampaikan nilai pasti dari kerugian tersebut.

Pada 2019, saham-saham yang menjadi portofolio Asabri mengalami penurunan harga saham yang mencapai kurang lebih 90 persen sepanjang tahun berjalan.

Berdasarkan data keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, ada 14 saham yang masuk ke dalam portofolio Asabri. Namun, Asabri melepas seluruh investasinya di PT Pool Advista Finance Tbk. (POOL), pada Desember 2019. [tempo.co]