Menkes RI Pulang Kampung & Kunjungan ke Puskesmas Driyorejo

Gresik- Menteri Kesehatan letjen TNI (purn) Dr.dr.Terawan Agus Putranto, S.P., Rad Jumat (13/12/2019) pulang kampung ke tempat tinggal masa kecilnya di Ds Krikilan Kec Driyorejo.

Menteri kesahatan melaksanakan Ziarah ke Makam Leluhurnya di Desa Krikilan RW IV Kec. Driyorejo Kab. Gresik dan Peninjauan ke Puskesmas Driyorejo. Di sela-sela kegiatan Ziarah di Makam Leluhurnya, Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SP.Rad (K) mengatakan bahwa, ”pada masa kecil saya asli warga Desa Krikilan dan Sesepuh kami merupakan Keluarga Besar dari Desa Krikilan serta saya juga menitipkan keluarga yang ada disini untuk bertempat tinggal di sini, saya berterima kasih kepada warga masyarakat Desa Krikilan yang sudah memelihara dan membersihkan Makam Leluhur kami sehingga masih terawat dengan baik.”

Setelah melakukan ziarah ke makam leluhur, Menkes Mengunjungi Puskesmas milik Pemerintah Kabupaten Gresik di wilayah Driyorejo, Jawa Timur untuk melihat sarana dan prasarana serta jalannya pelayanan yang ada di sana.

Baca juga:  Serangkaian Lomba Peningkatan Minat Baca Digelar di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang

Dalam kunjungannya, Menkes mengatakan, ingin fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas menggunakan produk karya dalam negeri, langkah tersebut merupakan upayanya untuk berkontribusi meningkatkan perekonomian bangsa.

“Saya ingin semua produk Indonesia biar after sales nya lebih mudah. Kita ingin menghidupkan perekonomian Indonesia, kita harus bangga,” kata Menkes.

Menkes berpesan agar Puskemas terus menggalakkan upaya promotif preventif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Pokoknya galakkan ini. Saya lebih bangga kalau Puskesmas bisa mencegah stunting dan penyakit lainnya. Tugas pokok kalian adalah melakukan tindakan promotif preventif,” pinta Menkes.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat menerima kunjungan Menteri Kesehatan tersebut mengatakan, upaya meningkatkan taraf kesehatan di Kabupaten Gresik terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik.

Termasuk dukungan sarana prasarana alat medis yang memadai. Sebab, pemerintah daerah ingin agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Meningkatkan taraf kesehatan merupakan prioritas kami di pemerintah Kabupaten Gresik. Tentu kami ingin masyarakat terlayani dengan baik. Dan kami siap melaksanakan apa yang menjadi arahan Bapak Menteri kesehatan,” ujar Wabup Qosim saat didampingi Kadinkes Gresik Saifudin Ghozali.

Baca juga:  Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta BUMN Buka Sawah Baru

Di samping itu, Wabup Qosim juga mengatakan bahwa saat ini salah satu peran pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting dan juga menekan kasus kematian ibu dan anak saat melahirkan.

“Masyarakat kami berikan edukasi, terutama para kaum ibu dalam menjaga kehamilan. Mulai dari awal kehamilan hingga proses kelahiran. Semua harus ditangani dengan baik, terutama dokter dan bidan yang ada di puskesmas maupun RSUD Ibnu Sina merupakan tenaga medis yang berpengalaman dibidangnya. Disamping itu juga kami berikan edukasi terhadap pencegahan stunting. Karena tidak banyak masyarakat yang mengetahui penyebab terjadinya stunting dan bagaimana pencegahannya,” terang Wabup.(RINTO SEMBODO)