Tanggapan KH Muhammad Najih Maimoen Terhadap Para Pembela Muwafiq

Banyak sekali para pemuji Ahmad Muwafiq yang tetap bersikukuh bahwa apa yang dikatakan muwafiq adalah pernyataan yang benar dan tendensius dengan menyertakan dalil yang sangat jauh sekali dari alur pembahasan dan tidak jujur dalam mengutip dalil.

Dalil yang mereka jadikan tendensi hampir semua mengenai riwayat yang mengatakan bahwa nabi pernah menderita رمد (sakit mata) seperti yang terdapat pada kitab Asshiroh Alhalabiyah (Juz: 3, hal: 487) dan Subulul Huda Wa Arrasyad (juz:2, hal:134).

Ibarot semacam ini kemudian diplintir demi melegitimasi ucapan muwafiq yang menghina Rasulullah dengan mengatakan bahwa masa kecil rasulullah rembes (dekil) dan tidak terurus karena diasuh oleh sang kakek semenjak usia enam tahun.

Perlu kami sampaikan bahwa banyak dari pemuja Muwafiq yang tidak jujur dalam mengutip dalil, riwayat-riwayat yang tertera pada kitab-kitab di atas memang menerangkan bahwa nabi shallallahu alaihi wasallam pada saat dirawat oleh Abdul Mutthalib pernah terjangkit رمد (sakit mata bukan rembes, karena kalau rembes itu bahasa arabnya رمص), sehingga kemudian sang kakek Abdul Mutthalib disarankan untuk pergi ke ‘ukadh menemui salah satu rahib yang terkenal mampu mengobati penyakit mata, namun oleh rahib malah disarankan untuk mengobatinya sendiri dengan ludah mulia Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Ini bukan berarti nabi dalam keadaan rembes dan tak terurus tapi memang pada saat itu di makkah sedang mengalami cuaca yang panas. Hal ini dibuktikan dengan adanya orang-orang yang meminta berkah doa kepada Abdul Mutthalib agar segera diturunkan hujan.

‎السيرة الحلبية – (1 / 183)
‎في جهد وجدب وقد سقى الله الناس بعبدالمطلب فاقصدوه لعله يسأل الله تعالى فيكم فقدموا مكة ودخلوا على عبدالمطلب فحيوه بالسلام فقال لهم أفلحت الوجوه وقام خطيبهم فقال قد أصابتنا سنون مجدبات وقد بان لنا أثرك وصح عندنا خبرك فاشفع لنا عند من شفعك وأجرى الغمام لك فقال عبدالمطلب سمعا وطاعة موعدكم غدا عرفات ثم أصبح غاديا إليها وخرج معه الناس وولده ومعه رسول الله صلى الله عليه وسلم فنصب لعبدالمطلب كرسي فجلس عليه وأخذ رسول الله صلى الله عليه وسلم فوضعه في حجره ثم قام عبدالمطلب ورفع يديه ثم قال اللهم رب البرق الخاطف والرعد القاصف رب الأرباب وملين الصعاب هذه قيس ومضر من خير البشر قد شعثت رؤوسها وحدبت ظهورها تشكوا إليك شدة الهزال وذهاب النفوس والأموال اللهم فأتح لهم سحابا خوارة وسماء خرارة لتضحك أرضهم ويزول ضرهم فما استتم كلامه حتى نشأت سحابة دكناء لها دوى وقصدت نحو عبدالمطلب ثم قصدت نحو بلادهم فقال عبدالمطلب يا معشر قيس ومضر انصرفوا فقد سقيتم فرجعوا وقد سقوا

Dan Justru peristiwa ini menunjukkan nabi memiliki Irhas serta tanda kenabian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Kata rembes dan tak terurus juga sangat tidak pantas bahkan keji sekali jika disematkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, karena arti dari rembes (bunyi huruf e pada kata ini sama bunyinya dengan huruf e ketika mengucapkan kata resiko) dalam bahasa jawa mempunyai arti keadaan anak kecil yang ingusan atau beringus (jorok).

Orang jawa biasanya menyebut anak kecil yang beringus sehingga ingusnya berada di hidung dan mengotori sekitar hidung dengan kata rembes. Arti lain dari kata ini ialah keadaan orang yang belum mandi sehingga ada kotoran entah karena liur atau ada kotoran di mata dan penampilan yang semrawut.

Semua makna ini jelas sekali bertentangan dengan penjelasan para ulama dalam menerangkan keadaan nabi semasa kecil. Nabi sejak dilahirkan selalu dalam keadaan bersih, berkhitan dan bercelak:

‎عيون الاثر في فنون المغازي والشمائل والسير – (1 / 43)
‎وولد صلى الله عليه وسلم معذورا مسرورا أي مختونا مقطوع السرة ووقع إلى الارض مقبوضة اصابع يده مشيرا بالسباحة كالمسبح بها.

Ketika dalam asuhan Abdul Mutthalib keadaan nabi pun sangat sehat dan kuat, kehadiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun sangat dimuliakan oleh sang kakek, bahkan Abdul Mutthalib sangat peduli, memberi perhatian lebih dan lebih mengutamakan nabi dari pada putranya sendiri:

‎سمط النجوم العوالي في أنباء الأوائل والتوالي- للعصامي – (1 / 132)
‎قال في تاريخ الخميس: روى نافع بن جبير: أنه كان رسول الله صلى الله عليه وسلم مع أمه آمنة بعد رد حليمة إياه لها، فلما توفيت، ضمه وكفله جده عبد المطلب، ورق عليه رقة لم يرقها على ولده، وكان يقربه منه ويدخل عليه إذا خلا وإذا نام، وكان يجلس على فراشه، وكان أولاده لا يجلسون عليه.
‎قال ابن إسحاق: حدثني العباس بن عبد الله بن معبد، عن بعض أهله قال: كان يوضع لعبد المطلب فراش في ظل الكعبة، وكان لا يجلس عليه أحد من بنيه إجلالاً له، وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأتي حتى يجلس عليه، فيذهب أعمامه ليؤخروه عنه؛ فيقول عبد المطلب: دعوا ابني، ويمسح على ظهره، ويقول: إن لابني هذا شأناً؛ كذا قاله ابن الأثير في أسد الغابة.
‎وقال قوم من بني مدلج – وهم مشهورون بالقيافة – : يا عبد المطلب، احتفظ به؛ فإنا لم نر قدماً أشبه بالقدم الذي في مقام إبراهيم منه، فقال عبد المطلب لأبي طالب: اسمع ما يقول هؤلاء في ابن أخيك، وقال عبد المطلب لأم أيمن وكانت تحضنه: لا تغفلي عن ابني؛ فإن أهل الكتاب يزعمون أنه نبي هذه الأمة، وكان عبد المطلب لا يأكل طعاماً إلا قال: علي بابني، فيؤتى به إليه، فلما حضرت عبد المطلب الوفاة، أوصى به أبا طالب.

Begitupun saat Rasulullah dirawat oleh pamannya Abu Thalib, Nabi selalu dimuliakan, sangat diperhatikan dan selalu dalam kondisi yang bersih dan sehat:

‎الروض الأنف (1/ 311)
‎وَذَكَرَ كَوْنَ النّبِيّ – صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ – فِي كَفَالَةِ عَمّهِ يَكْلَؤُهُ وَيَحْفَظُهُ . فَمِنْ حِفْظِ اللّهُ لَهُ فِي ذَلِكَ أَنّهُ كَانَ يَتِيمًا لَيْسَ لَهُ أَبٌ يَرْحَمُهُ وَلَا أُمّ تَرْأَمُهُ لِأَنّهَا مَاتَتْ وَهُوَ صَغِيرٌ وَكَانَ عِيَالُ أَبِي طَالِبٍ ضَفَفًا ، وَعَيْشُهُمْ شَظَفًا ، فَكَانَ يُوضَعُ الطّعَامُ لَهُ وَلِلصّبْيَةِ مِنْ أَوْلَادِ أَبِي طَالِبٍ فَيَتَطَاوَلُونَ إلَيْهِ وَيَتَقَاصَرُ هُوَ وَتَمْتَدّ أَيْدِيهِمْ وَتَنْقَبِضُ يَدُهُ تَكَرّمًا مِنْهُ وَاسْتِحْيَاءً وَنَزَاهَةَ نَفْسٍ وَقَنَاعَةَ قَلْبٍ فَيُصْبِحُونَ غُمْصًا رُمْصًا ، مُصْفَرّةً أَلْوَانُهُمْ وَيُصْبِحُ هُوَ – عَلَيْهِ السّلَامُ – صَقِيلًا دَهِينًا كَأَنّهُ فِي أَنْعَمِ عَيْشٍ وَأَعَزّ كِفَايَةٍ لُطْفًا مِنْ اللّهِ – عَزّ وَجَلّ – بِهِ

Sekali lagi kami tegaskan, keadaan nabi semasa kecil selalu bersih dan terawat. Nabi pernah mengalami رمد (sakit mata) tapi tidak pernah mengalami رمص (belekan; matanya mengeluarkan kotoran; rembes).

Pernyataan lain yang lebih keji dan ngawur dari Muwafiq ahzahullahu wa ahaanahu fii daaroini adalah mengandaikan jika di arab pada masa kecil nabi terdapat buah jambu maka Rasulullah juga akan mencuri jambu pada masa kecilnya dan menganggap Rasulullah tidak bisa baca tulis karena tidak mau sekolah dan sukanya bermain-main dengan kambing saja, bahkan lancang menyebut nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sangat cerewet.

Pernyataan semacam ini tidak mungkin akan keluar dari mulut seorang muslim yang benar-benar berpaham ahlussunnah wal jamaah dan meyakini sifat ma’shum yang dimiliki setiap nabi. Dari sini kelihatan sekali bahwa Muwafiq tidak paham bagaimana pendiri NU KH. Hasyim Asyari mengajari kita cara mengisi maulid nabi dalam kitab Tanbihat At Taujihatnya, bahkan ia telah menyimpang jauh dari Ajaran beliau:

‎التنبيهات الواجبات ص: 10
‎يؤخذ من كلام العلماء الاتي ذكره أن المولد الذي يستحبه الأئمة هو اجتماع الناس وقراءة ما تيسر من القرآن ورواية الأخبار الواردة في مبدأ أمر النبي صلى الله عليه و سلم وما وقع في حمله ومولده من الارهاصات وما بعده من سيره المباركات.
‎التنبيهات الواجبات ص: 33
‎التنبيه الثامن: صرح القاضي عياض رحمه الله تعالى بقتل متنقصه ومؤذيه صلى الله عليه وسلم فانه قال في الشفا وبحسب ما يجب من الحقوق للنبي صلى الله عليه وسلم وما يتعين من بر وتوقير وتعظيم واكرام, حرّمه الله تعالى أذاه في كتابه واجتمعت الأمة على قتل متنقصه أي بنوع من تحقيره

Baca juga:  Ssst, Jokowi: Dolar AS Sudah di Bawah Rp 14.000

Selain itu Muwafiq membuat kebohongan besar dengan menyebut Waroqoh bin Naufal (bukan Nufail seperti yang diucapkan Muwafiq) sebagai seorang dukun yang kaget begitu mengetahui nabi muhammad adalah seorang rasul. Tuduhan semacam ini jelas akan memberi pemahaman pada masyarakat awam bahwa nabi Muhammad pernah mendatangi dukun dan bertanya pada dukun.

Waroqoh bin Naufal adalah seorang yang alim yang mampu menterjemahkan taurat dan injil ke dalam bahasa arab. Waroqoh bin Naufal juga paham akan datang nabi akhir zaman jadi tidak mungkin kaget apalagi sampai terjengkang (jawa; nggeblak) seperti tuduhan Muwafiq. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sendiri melarang mencela Waroqoh bin Naufal:

‎التيسير بشرح الجامع الصغير ـ للمناوى – (2 / 953)
‎( لا تسبوا ورقة بن نوفل فاني قد رايت له جنة أو جنتين ) قال العراقي شاهد لما قاله جمع انه اسلم عند ابتداء الوحي
‎أسد الغابة – (1 / 1107)
‎وأخبرنا أبو جعفر بن السمين بإسناده عن يونس بن بكير عن هشام بن عروة عن أبيه قال : ساب أخ لورقة رجلا فتناول الرجل ورقة فسبه فبلغ ذلك النبي صلى الله عليه و سلم فقال لأخيه : هل علمت أني رأيت لورقة جنة أو جنتين فنهى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن سبه

Ucapan keji dari Muwafiq yang lain adalah mengatakan nabi Sulaiman alaihi assalam berbicara pada angin kentut yang kemudian membuat semua hadirin tertawa terbahak-bahak.

Dalam ceramahnya yang lain Muwafiq menjelaskan bahwa dalam madzab Maliki kentut tidaklah membatalkan wudu. Ini semakin menunjukkan bahwa selain ia tak paham sejarah, ia juga tidak paham ilmu fiqih.

‎رحمة الأمة في اختلاف الأئمة (ص: 12)
‎الخارج المعتاد من السبيلين وهو البول والغائط ينقض الوضوء بالإجماع, وأما النادر كالدود من الدبر والريح من القبل والحصاة والإستحاضة والمذي ينقض أيضا إلا عند مالك.
‎الذخيرة للقرافي (ج:1, ص:212)
‎الثاني البول الثالث الريح الخارج من الدبر خلافا ش في اعتباره الخارج من الذكر وفرج المرأة وإن كان نادرا
‎الاستذكار (1/ 157)
‎وقد أجمعوا على أن الريح الخارجة من الدبر حدث يوجب الوضوء واجتمعوا على أن الجشاء ليس فيه وضوء بإجماع وقد أجمعوا على أن الريح الخارجة من الدبر حدث فدل ذلك على مراعاة المخرجين فقط
‎المجموع شرح المهذب (ج: 2, ص:6)
‎قال ابن المنذر أجمعوا أنه ينتقض بخروج الغائط من الدبر والبول من القبل والريح من الدبر

Semua pemikiran dan pernyataan sesat Muwafiq CS merupakan benih-benih pemikiran wahabi, mu’tazilah, syiah bahkan benih dari pemikiran kristen, komunis, dan atheis, dan salah satu proyek besar dari musuh-musuh islam untuk Indonesia.

Dua video permintaan maaf dari Muwafiq yang sudah beredar tidaklah cukup, ia masih juga harus mengakui kesalahan besar yang telah diperbuat (dua video permohonan maaf yang sudah beredar di dalamnya terdapat pernyataan “jika saya salah” dan “jika dianggap keliru” yang tidak mencerminkan sepenuhnya mengakui kesalahan) serta wajib baginya untuk segera bertobat dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, dan menyesali sekaligus menarik seluruh ucapan-ucapan yang merendahkan martabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallama, nabi Sulaiman, malaikat, sayyidah Aisyah, sayyidina Umar, dan imam-imam mujtahid muassis NU yang telah dilecehkan dan dilanggar ajarannya. karena semua omongan keji tersebut merupakan dosa besar yang dilaknat oleh Allah sebagaimana firmannya:

‎إِنَّ الَّذِينَ يُؤْذُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَأَعَدَّ لَهُمْ عَذَابًا مُهِينًا (الأحزاب : 57)
‎وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ [التوبة : 65]

Dan tindakan tersebut berkonsekuensi pada kekufuran dan kemurtadan, bahkan secara hukum syariat wajib diganjar hukuman mati meskipun mengaku tidak sengaja:

‎الاعلام بقواطع الاسلام
‎وما ذكره ظاهر لقصد النقص وهو كفر كما مر, ثم قال من تكلم غير قاصد للسب له ولامعتقد له في جهته صلى الله غليه وسلم بكلمة الكفر من لعنه أو سبه او تكذيب او إضافة ما لا يجوز عليه او نفي ما يجب له مما هو في حقه صلى الله عليه وسلم……………….فحكمه القتل إذ لا يعذر احد في الكفر بالجهالة ولا بدعوى زلل اللسان
‎المعجم الصغير – الطبراني – (1 / 393)
‎حدثنا عبيد الله بن محمد العمري القاضي بمدينة طبرية سنة سبع وسبعين ومائتين حدثنا إسماعيل بن أبي أويس حدثنا موسى بن جعفر بن محمد عن أبيه عن جده علي بن الحسين عن الحسين بن علي عن علي رضي الله عنهم قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : من سب الأنبياء قتل ومن سب الأصحاب جلد
‎جمع الجوامع أو الجامع الكبير- للسيوطي – (1 / 22996)
‎من سب الأنبياء قتل ومن سب أصحابى جلد (الطبرانى ، وابن عساكر عن على)
‎أخرجه ابن عساكر (38/103) وأخرجه أيضًا : الطبرانى فى الصغير (1/393 رقم 659) قال الهيثمى (6/260) : رواه الطبرانى فى الصغير
‎فيض القدير (6/ 190)
‎(من سب الأنبياء قتل) لانتهاكه حرمة من أرسلهم واستخفافه بحقه وذلك كفر قال القيصري : إيذاء الأنبياء بسبب أو غيره كعيب شئ منهم كفر حتى من قال في النبي ثوبه وسخ يريد بذلك عيبه قتل كفرا لا حدا ولا تقبل توبته عند جمع من العلماء وقبلها الشافعية (ومن سب أصحابي جلد) تعزيرا ولا يقتل خلافا لبعض المالكية ولبعض منا في ساب الشيخين ولبعض فيهما والحسنين.
‎فتح الباري- (12, ص 281)
‎وقد نقل بن المنذر الاتفاق على أن من سب النبي صلى الله عليه و سلم صريحا وجب قتله ونقل أبو بكر أحد أئمة الشافعية في كتاب الإجماع أن من سب النبي صلى الله عليه وسلم مما هو قذف صريح كفر باتفاق العلماء ، فلو تاب لم يَسقط عنه القتل ؛ لأن حدَّ قذفه القتل ، وحد القذف لا يسقط بالتوبة … فقال الخطابي لا أعلم خلافا في وجوب قتله إذا كان مسلما.
‎”التشريع الجنائي” لعبد القادر عودة، ج2، ص724 ما يلي:
‎”من سبّ نبياً أو ملكاً أو عرّض به أو لعنه أو عابه أو قذفه أو استخف بحقه وما أشبه فإنه يقتل ولا يستتاب. ولا تقبل منه التوبة لو أعلنها ولو جاء تائباً قبل أن يطلع عليه، لان القتل في هذه الحالة حد خاص وإن كان يدخل تحت الردة”.
‎الفقه الإسلامي وأدلته – (7 / 517)
‎وقد أفتى أكثر فقهاء الحنفية بناء عليه بقتل من أكثر من سب النبي صلّى الله عليه وسلم من أهل الذمة، وإن أسلم بعد أخذه، وقالوا: يقتل سياسة. وأجمع العلماء كما قال القاضي عياض في الشفا على وجوب قتل المسلم إذا سب النبي صلّى الله عليه وسلم ، لقوله تعالى: {إن الذين يؤذون الله ورسوله لعنهم الله في الدنيا والآخرة وأعد لهم عذاباً مهيناً} [الأحزاب:57/33].
‎فتاوى السبكي (2/ 573)
‎أما سب النبي صلى الله عليه وسلم فالإجماع منعقد على أنه كفر والاستهزاء به كفر قال الله تعالى} قل أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزئون{ }لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم{ بل لو لم تستهزئوا قال أبو عبيد القاسم بن سلام فيمن حفظ شطر بيت مما هجي به النبي صلى الله عليه وسلم فهو كفر وقد ذكر بعض من ألف في الإجماع إجماع المسلمين على تحريم ما هجي به النبي صلى الله عليه وسلم وكتابته وقراءته وتركه متى وجد دون محوه
‎تفسير القرطبي: 4/ 432
‎وقال ابن المنذر – رحمه الله تعالى -: “أجمع عامة أهل العلم على أن من سب النبي صلى الله عليه وسلم عليه القتل، وممن قال ذلك: مالك والليث وأحمد وإسحاق، وهو مذهب الشافعي

Dalam video yang lain, Muwafiq ahzahullahu wa ahaanahu fii daroini juga telah lancang berani melecehkan sayyidah Aisyah dengan mengatakan pernikahan sayyidah Aisyah dengan Rasulullah tidak bisa dinalar dan tidak logis karena nabi yang sudah berusia 50 tahun menikahi gadis usia 9 tahun.

Baca juga:  Satpol PP Lamongan Gerebek Pria Beristri dan Janda di Kamar Hotel

Perkataan semacam ini akan menimbulkan kesimpulan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan sihir (pelet) agar Sayyidah Aisyah bersedia dan senang dinikahi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Konsekuensi dari ucapan Muwafiq tentang sayyidah Aisyah adalah sebagai berikut:

‎فتاوى السبكي (2/ 569)
‎ومن سب عائشة رضي الله عنها قتل لأن الله تعالى يقول فيها يعظكم الله أن تعودوا لمثله أبدا إن كنتم مؤمنين فمن رماها فقد خالف القرآن ومن خالف القرآن قتل
‎مواهب الجليل لشرح مختصر الخليل (8/ 381)
‎وقد روي عن مالك فيمن سب عائشة أنه يقتل مطلقا ويمكن حمله على السب بالقذف انتهى. وقال في الإكمال في حديث الإفك: وأما اليوم فمن قال ذلك في عائشة قتل لتكذيب القرآن وكفره بذلك وأما غيرها من أزواجه فالمشهور أنه يحد لما فيه من ذلك ويعاقب لغيره وحكى ابن شعبان قولا آخر أنه يقتل على كل حال وكأن هذا التفت إلى أذى النبي صلى الله عليه وسلم حيا وميتا انتهى

Dalam video yang sama Muwafiq juga melecehkan sayyidina Umar dengan mengatakan Sayyidina umar berwajah sangat menyeramkan, menakutkan dan sadis, padahal wajah sayyidina Umar sangatlah tampan, kulitnya putih dan sedap dipandang mata. Hukuman bagi orang yang melakukan penistaan semacam ini pun berat sekali:

‎تاريخ الخلفاء – (1 / 118(
‎و أخرج ابن عساكر عن أبي رجاء العطاردي قال : كان عمر رجلا طويلا جسيما أصلع شديد الصلع أبيض شديد الحمرة في عارضيه خفة سبلته كبيرة و في أطرافها صهبة
‎أمير المؤمنين عمر بن الخطاب – (1 / 13(
‎ولد عمر رضي الله عنه بعد عام الفيل بثلاث عشرة سنة وأما صفته الخَلْقية، فكان رضي الله عنه، أبيض أمهق، تعلوه حمرة، حسن الخدين والأنف والعينين، غليظ القدمين والكفين، مجدول اللحم، وكان طويلاً جسيماً أصلع، قد فرع الناس، كأنه راكب على دابة، وكان قوياً شديداً، لا واهناً ولا ضعيفاً، وكان يخضب بالحناء، وكان طويل السَّبلة وكان إذا مشى أسرع وإذا تكلم أسمع، وإذا ضرب أوجع
‎مواهب الجليل لشرح مختصر الخليل)8/ 381)
‎. وقال في الإكمال أيضا: وسب أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وتنقصهم أو واحد منهم من الكبائر المحرمات. وقد لعن النبي صلى الله عليه وسلم فاعل ذلك وذكر أن من آذاه وآذى الله تعالى فإنه لا يقبل منه صرف ولا عدل واختلف العلماء فيما يجب عليه فعبد الملك ومشهور مذهبه إنما فيه الاجتهاد بقدر قوله والمقول فيه وليس له في الفيء حق وأما من قال فيهم: إنهم كانوا على ضلالة وكفر فيقتل

Mengenai pesan Gus Mus yang mengatakan “Jangan mau dibodohi oleh Setan Kebencian. Tidak ada orang muslim, umat Nabi Muhammad SAW –apalagi yang sehari-hari melakukan dakwah menyampaikan sabda Nabinya– sengaja menghina Nabinya sendiri. Jaga akal sehat. Jangan tunduk pada Setan Kebencian dan Iblis Adu domba”

Justru malah sebenarnya yang dibodohi setan dan iblis adalah orang-orang yang diam dan tak merasa sakit hati saat nabi dan agamanya dinistakan, bahkan malah lebih memilih menomorsatukan dan membela seorang penceramah yang menghina nabi hanya karena dia dianggap kyai NU.

Seorang dai yang benar-benar paham ilmu agama tidak akan mungkin keluar kata-kata kotor dari mulutnya apalagi sampai berani melecehkan nabi, keluarga nabi dan shahabat nabi.

Kita bukan orang bodoh yang tidak tahu bahwa orang-orang yang menistakan agama wajib dihukum baik secara syariat maupun secara hukum negara sebagaimana yang termaktub dalam KUHP Pasal 156(a) melengkapi dekret Presiden Soekarno yang dijalankan oleh Presiden Soeharto, yaitu Dekret Presiden No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.

Bahkan sejak zaman kolonial Belanda kasus penistaan agama sudah ada dan ditindak seperti kasus penistaan agama pada 9 dan 11 Januari 1918, Martodharsono redaktur Djawi Hiswara memuat tulisan karya Djojodikoro. Tulisan yang berjudul “Pertjakapan antara Marto dan Djojo” itu menyulut kemarahan HOS Tjokroaminoto karena memuat kalimat “Gusti Kandjeng Nabi Rasoel minoem A.V.H. Gin, minoem opium dan kadang soeka mengisep opium”. Selang sebulan kemudian, 24 Februari 1918, HOS Tjokroaminoto menggalang solidaritas umat muslim di Hindia Belanda untuk turun ke jalan. Pada hari itu di 42 tempat berbeda di Jawa dan sebagian Sumatera, sekitar 150 ribu orang melangsungkan demonstrasi menuntut pemerintah kolonial menghukum Martodharsono dan Djojodikoro.

Fenomena Maraknya tindakan penistaan agama akhir-akhir ini adalah dampak dari lemahnya penindakan kasus penistaan oleh aparat yang berwajib. Kita hitung saja orang seperti Sukmawati, Ade Armando, Denny Siregar, Permadi Arya (Abu Janda), Eko Khuntadi dan muwafiq yang sampai sekarang masih bebas berkeliaran meskipun sudah dilaporkan.

Dan seperti yang pernah disampaikan oleh Gus Nur hampir bisa dipastikan setiap ada penistaan agama pasti pelakunya merupakan orang yang dekat dengan rezim ini.

Perlu kami ingatkan kepada semua kaum muslimin untuk tidak membuat lelucon, guyonan, penggambaran ataupun logika yang dapat mengundang tawa terbahak-bahak saat menyampaikan pengajian ataupun mauidhoh hasanah yang membahas tentang Allah subhanahu wataala, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, malaikat dan ayat Alquran lebih-lebih saat peringatan maulid nabi.

Termasuk yang kami ingatkan dalam hal ini ialah alumni pondok pesantren Al Anwar Sarang yang dikenal alim namun dalam setiap pengajiannya selalu memakai bahasa yang kurang santun dan kurang beradab sebagaimana saat menceritakan kisah para nabi dan membandingkan nabi ini tidak selevel dengan nabi ini, nabi Muhammad sering lupa jumlah rakaat shalat dengan dibarengi tertawa cekikikan mengundang tawa para hadirin dan menyebut malaikat Izrail kacau serta tidak pernah mengaji.

‎) تفسير أبي السعود (1/ 110)
‎أتتخذنا هزوا بضم الزاء وقلب الهمزة واوا وقرئ بالهمزة مع الضم والسكون أي أتجعلنا مكان هزؤ أو أهل هزؤ أو مهزوء ا بنا أو الهزؤ نفسه استبعادا لما قاله واستخفافا به قال إستئناف كما سبق أعوذ بالله أن أكون من الجاهلين لأن الهزؤ في أثناء تبليغ امر الله سبحانه جهل وسفه
‎الجامع لأحكام القرآن (11/ 25)
‎قوله : {فَأَبَوْا أَنْ يُضَيِّفُوهُمَا} فاستحق أهل القرية لذلك أن يذموا ، وينسبوا إلى اللؤم والبخل …….الى ان قال…..ويعفو الله عن الحريري حيث استخف في هذه الآية وتمجن ، وأتى بخطل من القول وزل ؛ فاستدل بها على الكدية والإلحاح فيها ، وأن ذلك ليس بمعيب على فاعله ، ولا منقصة عليه ؛ فقال : وإن رددت فما في الرد منقصة * عليك قد رد موسى قبل والخضر
‎قلت : وهذا لعب بالدين ، وانسلال عن احترام النبيين ، وهي شنشنة أدبية ، وهفوة سخافية ؛ ويرحم الله السلف الصالح ، فلقد بالغوا في وصية كل ذي عقل راجح ، فقالوا : مهما كنت لاعبا بشيء فإياك أن تلعب بدينك

Hal ini sangat berbahaya karena bisa ditiru oleh masyarakat awam bahkan para penceramah lainnya. Mereka nantinya akan terbiasa mengomentari nabi bahkan tertawa cekikikan, dan akhirnya akan muncul lebih banyak lagi Muwafiq-Muwafiq lainnya.

Gaya bahasa, cara penyampaian dan guyonan semacam itu tidak ada sanad ilmiahnya. Sanad dari Mbah Maimoen dan ulama salafunasholihin saja tidak ada apalagi sanad dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Kami menulis tanggapan ini atas permintaan KH. Ustukhri Irsyad Pengasuh PP. Al Hidayah untuk menanggapi pembelaan KH. Hanief Muslih Pengasuh PP. Futuhiyyah Mranggen Demak terhadap Muwafiq.
Terakhir, Semoga Allah subhanahu wataala senantiasa menjaga akidah umat islam dari rongrongan pemikiran sesat musuh-musuh islam berkat kecintaan kita kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, keluarganya dan para shahabatnya. Amiin.

Sarang, 14 Rabiul Tsani 1441 H.

*KH. Muhammad Najih MZ.*