by

Gagal Raih Emas SEA Games, Timnas Indonesia Dibantai Vietnam 0-3

Tim nasional Indonesia U-23 gagal meraih medali emas SEA Games 2019 usai kalah telak 0-3 dari Vietnam pada laga final di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/11).

Indonesia tertinggal 0-1 lebih dahulu di babak pertama lewat gol sundulan Doan Van Hau di menit ke-40 usai memanfaatkan tendangan bebas Do Hung Dung.

Di babak kedua Indonesia melakukan perubahan strategi bermain dengan memainkan Egy Maulana Vikri yang menggantikan Witan Sulaeman.

Tetapi, upaya Indonesia mencetak gol balasan sirna setelah Vietnam menambah keunggulan di menit ke-59 lewat kaki kanan kapten Do Hung Dung.

Jalannya Pertandingan

Tim asuhan Indra Sjafri memberikan ancaman kepada Vietnam lewat Egy Maulana. Hanya saja, sundulan Egy di menit ke-61 hasil tendangan bebas Saddil masih melayang di atas mistar

Indonesia terus berupaya memberikan perlawanan kepada Vietnam guna mencetak gol balasan. Tetapi, usaha Garuda Muda menciptakan peluang gol baik lewat umpan-umpan silang atau terobosan masih belum membuahkan hasil.

Baca juga:  Piala Presiden 2017 Resmi Dibuka Presiden Joko Widodo   

M Rafli Mursalim dan Osvaldo Haay hampir saja mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol saat keduanya berada di kotak penalti Vietnam di menit ke-71. Tetapi, komunikasi keduanya tampak terputus, sehingga bola bola yang bergerak liar bisa diamankan kiper Nguyen Van Toan.

Van Hau kembali jadi mimpi buruk bagi Indonesia di final SEA Games 2019. Bek asal klub SC Heerenveen itu mencetak gol keduanya dalam laga tersebut pada menit ke-73.

Gol Van Hau tercipta dari tendangan bebas Nguyen Hoang Duc dari sisi kiri yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Nadeo. Sepakan Hoang Duc ditepis Nadeo ke sisi kanan. Namun, di posisi itu Van Hau sudah dalam posisi siap dan tanpa kesulitan menyambut bola rebound itu menjadi gol.

Laga final sempat terhenti sejenak lantaran pelatih Vietnam Park Hang-seo melakukan protes berlebihan. Karena protes itu wasit Majed Mohammed Alshamrani memberi kartu merah kepada Hang-seo.

Pada menit ke-81 Timnas Indonesia U-23 mendapat dua peluang emas mencetak gol. Upaya pertama datang dari Egy Maulana yang menerima umpan terobosan, tetapi sontekan Egy diblok kiper Nguyen van Toan. Bola rebound kembali bisa dikuasai Indonesia, namun sontekan M Rafli Mursalim digagalkan bek Vietnam.

Baca juga:  Gabung ke PSG, Transfer Neymar Rp 3,5 Trilun

Meski tertinggal 0-3 Indonesia terus memberikan tekanan kepada pertahanan Vietnam. Tetapi, tendangan kaki kiri Syahrian Abimanyu dari luar kotak penalti masih melayang tipis di atas mistar gawang Vietnam. Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam dan gagal raih emas SEA Games 2019.

Susunan pemain

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Sani Rizki Fauzi, Zulfiandi, Evan Dimas; Witan Sulaiman, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Vietnam: Nguyen van Toan; Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Duc Chien, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed