Jokowi Pangkas Eselon III & IV, Digantikan Robot Tahun Depan

Presiden Jokowi akan melakukan reformasi birokrasi di tubuh kementerian. Mulai tahun depan Jokowi akan memangkas jumlah eselon kementerian yang selama ini dianggap hanya menghambat arus investasi masuk di Indonesia.

Presiden menegaskan rencana ini akan diimplementasikan penuh pada 2020 mendatang, di mana sejumlah struktur eselon kementerian akan dihapuskan secara permanen.

“Tahun depan, kita akan lakukan pengurangan eselon. Kita punya eselon I, II, III, IV. Yang III dan IV akan kita potong,” tegas Jokowi, seperti kami kutip dari cnbcindonesia, Jumat(29/11/2019).

Jokowi menjelaskan pemangkasan tersebut dilakukan untuk mempercepat pelayanan birokrasi di pemerintahan di tengah kehadiran era disrupsi yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi tantangan.

Bahkan, eks Gubernur DKI Jakarta itu membuka kemungkinan untuk memperkerjakan kecerdasan buatan {artificial intelligent) alias robot untuk menggantikan posisi PNS yang terkena pemangkasan.

“Untuk apa? Agar terjadi kecepatan dalam memutuskan perubahan dunia yang begitu cepat. Tapi pelan-pelan,” jelas Jokowi.

“Saya sudah bicara dengan yang jago IT. Kalau bisa diganti AI (artificial intelligence). Jika muncul sebuah kecepatan, muncul perubahan budaya kerja, kultur baru,” kata Jokowi.

Jokowi menjamin, pendapatan para PNS yang terkena pemangkasan tidak akan terganggu. Menurutnya, abdi negara akan tetap mendapatkan pendapatan yang sama meskipun tak lagi menjabat struktur eselon III dan IV.

“Paling penting tidak mengganggu income gaji yang tadi dipotong. Tidak akan menurunkan pendapatan,” tegas Jokowi.


Baca juga:  Kapolri-Panglima TNI Hadiri Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam Menjaga Tanah Papua yang Damai