by

Sebut IMB & Amdal Hambat Investasi, Wakil Menteri dari PSI Pro Perusak Lingkungan

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga politikus PSI Surya Tjandra setuju kerusakan lingkungan atas pernyataannya IMB dan Amdal menghambat investasi.

Demikian dikatakan pengamat politik Sahirul Alem dalam pernyataan kepada suaranasional, Rabu (20/11/2019). “Investor harusnya patuh terhadap Amdal agar tidak terjadi kerusakan lingkungan,” ungkapnya.

Kata Alem, rakyat tidak butuh investor jika merusak lingkungan. “Rakyat bisa bertahan hidup dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Rakyat tidak akan merusak alam berbeda dengan investor,” jelas Alem.

Alem mengatakan, DPR harus menentang keras rencana menghapus IMB dan Amdal. “Kebijakan menghapus IMB dan Amdal demi investor sangat berbahaya bagi lingkungan,” kata Alem.

Baca juga:  Polisi Lamongan Tangkap Kurir Sabu

Sebelumnya Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengungkapkan, dalam implementasiya di lapangan, izin mendirikan bangunan ( IMB) dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) justru menjadi penghambat proses investasi.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah terkait rencana menghapus syarat IMB dan Amdal sebagai bentuk penyederhanaan izin.

“Salah satu pertimbanganya itu. Yang jelas dia menambah birokrasi. Menambah proses lagi untuk orang mau investasi, rakyat mau mengembangkan tanahnya. Jadi tertunda,” ujar Surya saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

loading...

Loading...

News Feed