by

Tjahjo Kumolo Resmi Teken Surat Memangkas Pejabat Eselon

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menandatangani Surat Edaran (SE) Nomor 393 Tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi.

Dalam SE itu, Tjahjo mematok waktu proses transformasi jabatan eselon III, IV, dan V dapat rampung paling lambat minggu ke-4 Juni 2020 mendatang.

“Proses transformasi jabatan struktural eselon III, Eselon IV, dan Eselon V ke jabatan fungsional dilaksanakan berdasarkan hasil pemetaan sebagaimana dimaksud pada angka 6 di atas paling lambat minggu ke-empat Juni 2020,” kata Tjahjo melalui SE yang ditandatangani pada 13 November lalu itu.

Seperti dilansir pada situs setkab.go.id, SE tersebut berisikan sembilan langkah strategis yang dianjurkan oleh KemenpanRB kepada Kepala Daerah, dan juga Menteri Kabinet Indonesia Maju dalam melakukan penyederhanaan struktur birokrasi.

Baca juga:  Pelayanan Buruk, Ini Kata Kepala Dukcapil Lamongan

Pertama, melakukan proses identifikasi terhadap unit kerja eselon III, IV, dan V, yang dapat disederhanakan dan dialihkan jabatan strukturalnya sesuai peta jabatan di masing-masing instansi.

Kemudian, diperlukan pemetaan jabatan pada unit kerja yang terdampak peralihan, sekaligus mengidentifikasi kesetaraan jabatan-jabatan struktural tersebut dengan jabatan fungsional yang akan diduduki.

“Selain itu, memetakan jabatan fungsional yang dibutuhkan untuk menampung peralihan pejabat struktural eselon III, IV, dan V yang terdampak akibat kebijakan penyederhanaan birokrasi,” tulis dia.

Setelah itu, Tjahjo menyebut diperlukan penyelarasan kebutuhan anggaran terkait dengan besaran penghasilan pada jabatan yang akan terdampak eselonisasi. [cnnindonesia]

loading...

Loading...

News Feed