by

Sholahuddin, Santri Asli Lamongan yang Punya Prestasi Membanggakan

SHOLAHUDDIN atau yg lebih akrab dipanggil Kaji Sholah adalah putra daerah asli lamongan. Ia lahir, besar, belajar, berkeluarga serta merintis usahanya di Lamongan, namun mampu mengukir prestasi di Tingkat Nasional bahkan Internasional.

Berbekal kepedulian, kerja keras dan semangatnya untuk berinovasi, ia berhasil mengantarkan Lamongan menjadi lumbung pangan nasional dan berhenti mengimpor jagung.

Di Desa Banyubang Kec. Solokuro, Sholahuddin membangun lembaga penelitian jagung yang hasil penelitian dan inovasinnya kerap menjadi acuan nasional.

Ia dikenal sebagai seorang petani sukses dan ahli pertanian dan dipercaya memimpin organisasi pertanian seperti Ketua Kelompok Agrobisnis Perdana, Direktur Asfarnet (The Asian Farmer’s Network) Wilayah Jawa Timur, Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) dan lain-lainnya.

Baca juga:  PDIP: Kerudung Fatmawati & Kebaya Identitas Perempuan Indonesia, Bukan Jilbab Besar?

Selain itu, Kaji Sholah juga dikenal sebagai kepala desa yang sukses dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya. Itu sebabnya ia terus dipercaya utk menjadi Kepala Desa Banyubang Kec. Solokuro selama dua periode (2007-2013 dan 2013-2019).

Di luar itu semua, Kaji Sholah juga dianggap sebagai wakil kalangan santri NU yang cemerlang. Dari kecil ia ditempa oleh sistem pendidikan santri yang kuat. Setelah pendidikan tingkat madrasah ibtida’iyah hingga aliyah, Sholahuddin juga memperoleh pendidikan diniyah di Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Berkat kemampuan yg dimilikinya, ia pun dipercaya untuk memimpin organisasi seperti IPNU, GP Ansor dan NU. saat ini menjabat sebagai Bendahara PCNU Lamongan (2018-2023), Ketua Umum Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN-MUI), dan juga menjadi Sekretaris Pribadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024, KH. MA’RUF AMIN.(RINTO CAEM)

loading...

Loading...

News Feed