Seri Lawan Korut, Indonesia Juara Grup K Piala Asia U-2020

Tim nasional Indonesia U-19 memastikan tempat di Piala Asia U-2020 Uzbekistan. Itu setelah Skuat Garuda Muda seri dengan Korea Utara 1-1.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (10/11/2019), Timnas tertinggal 0-1 di babak pertama. Tapi kemudian tim besutan Fakhri Husaini itu bisa menyamakan kedudukan di babak kedua.

Gawang Ernando Ari dibobol lebih dulu oleh Kim Kwan Chong di babak pertama. Indonesia membalas dengan satu gol di babak kedua melalui penalti Bagus Kahfi.

Kemenangan Timnas itu menjadi tiket ke Piala Asia U-19 2020. Skuat Garuda pun melaju ke putaran final dengan dua kemenangan dan satu kali imbang dalam tiga laga yang dilakoni (tujuh poin).

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia langsung tampil agresif di babak pertama. Serdy Ephyfano membuka peluang di menit kelima, namun dapat diantisipasi oleh kiper Korut, Sin Kwang Guk.

Sempat mendapatkan tekanan, skuat Timnas membalas dengan membuat kemelut di area gawang Korut. Tapi, beberapa percobaan pasukan Garuda tak berbuah gol.

Baca juga:  Tyson Fury Menang TKO Atas Wilder

Satu peluang dibuat lagi oleh Timnas di menit kesepuluh. Kali ini, Beckham yang mencoba menjebol gawang Korut, namun lagi-lagi kiper Kwang Guk berhasil menetralkannya.

Seri Lawan Korut, Indonesia Lolos ke Piala Asia U-19 2020Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport

Fajar Fathur Rachman juga turut mencoba untuk menjebol gawang lawan di menit ke-17. Dia mengarahkan bola ke sisi kanan bawah gawang, namun ditepis kiper Kwang Guk.

Setelah menit ke-40, Timnas Indonesia berbalik tertekan. Gawang Timnas malah kebobolan di menit ke-41. Ri Jo Guk memenangi duel udara dan mengumpankan kepada Kim Kwang Chong. Oleh Kwang Chong bola diteruskan ke arah gawang Indonesia dan gagal diantisipasi oleh kiper Merah Putih, Ernando.

Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Timnas tertinggal 0-1 dari Korut.

Memasuki babak kedua, Indonesia membuat sejumlah perubahan pemain. Supriadi menggantikan Serdy Ephyfano di babak kedua. Fakhri juga membuat pergantian pemain di menit ke-56 dengan menarik Theo Fillo Numberi dan memasukkan Brylian Aldama.

Di menit ke-60, Timnas Indonesia U-19 diganjar penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Bagus Kahfi dilanggar Chae Yu Song. Bagus berhasil menjalankan tugas dengan berhasil membobol gawang Korut hingga kedudukan imbang 1-1.

Baca juga:  Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

Indonesia mengubah komposisi pemain dengan memperkuat pertahanan di sisa lima menit pertandingan. Komang Teguh Krisnanda dimasukkan untuk menggantikan Beckham Putra.

Nyaris saja gawang Indonesia kebobolan di injury time. Tapi, tandukan pemain Korut masih terlalu tinggi melewati gawang.

Tak ada tambahan gol hingga wasit meniup peluit panjang. Skor Indonesia versus Korut 1-1.

Susunan pemain:

Timnas U-19: 21 Ernando Ari, 2 Bagas Kaffa, 23 Rizky Ridho, 19 Alfeandra Dewangga, 15 Salman Alfarid, 5 Theo Fillo, 6 David maulana, 7 Bechkam Putra, 14 Fajar Fathur Rachman, 20 Bagus Kahfi, 17 Serdy Ephy

Korut: 1 Sin Kwang Guk, 2 Choe Kwang Hwi, 6 Ri Kum Hyon, 12 Chae Yu Song, 22 Ra Nam Hyon, 19 Kim Kang Sing, 16 Kim Ju Sing, 14 Pak Kwang Sok, 10 Kim Kwang Chong, 9 Kim Chol Guk, 7 Ri Jo Guk
[detiksport]