Pelantikan Kepala Desa di Lamongan Terbanyak se-Indonesia

Lamongan – Sebanyak 369 Kades terpilih hasil pemilihan serentak 15 September lalu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Lamongan Fadeli di Pendopo Lokatantra, Kamis (7/11).

Ini bisa jadi merupakan pelantikan Kades terbanyak di Indonesia yang dilakukan dalam satu waktu.

Sebanyak 369 Kades tersebut berasal dari Kecamatan Glagah sebanyak 21 desa, Kecamatan Lamongan dan Paciran masing-masing sebanyak 11 desa, Kecamatan Solokuro sebanyak 6 desa, Kecamatan Sambeng sebanyak 19 desa, dan Kecamatan Mantup sebanyak 12 desa.

Kemudian dari Deket dan Maduran masing-masing sebanyak 13 desa dan Kecamatan Sugio sebanyak 18 desa.

Sedangkan Kecamatan Tikung, Sukorame, Bluluk , Brondong, Kedungpring dan Sarirejo masing-masing 8 desa.

Selanjutnya sejumlah 14 desa masing-masing dari Kecamatan Turi dan Ngimbang, 17 desa masing-masing dari Kecamatan Karangbinangun dan Sekaran, 15 desa masing-masing dari Kecamatan Modo, Sukodadi, Laren dan Babat, 16 desa masing-masing dari Kecamatan Kalitengah, Kembangbahu dan Pucuk.

Dari sejumlah tersebut masih didominasi Kades laki-laki dan hanya sejumlah 22 Kades perempuan.

Fadeli dalam sambutannya mengajak seluruh Kades terlantik untuk segera merealisasikan visi misi yang menjadi program saat kampanye. Kades diharapkan dapat mempercepat laju kemajuan desa. Karena letak kemajuan Lamongan ada pada kemajuan desa-desanya.

“Kepala desa harus mempercepat laju kemajuan desa. Mari kita memanfaatkan potensi yang dimiliki desa untuk memberdayakan warga desa,” ujarnya.

Fadeli juga menghimbau kepada Kades untuk segera merangkul lawan-lawannya saat pilkades kemarin. Karena menurutnya sudah saatnya bersatu membangun desa.

Dalam Pilkades serentak lalu, terdapat 385 Kades terpilih. Seorang Kades bel bisa dilantik secara serentak karena masih dalam kondisi sakit, dan sisanya karena masa jabatannya belum berakhir dan akan dilantik pada Januari mendatang.(rin)