Ulama NU: Menag tak Baca Shalawat saat Khutbah di Istiqlal, Shalat Jumat tak Sah

Shalat jumat di Masjid Istiqlal Jakarta tidak sah ketika Menteri Agama Fachrul Razi sebagai khatib tidak membaca shalawat.

“Khutbah yang dibaca Menteri Agama itu, setelah saya dengarkan rekamannya, tidak ada baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW,” kata Pengasuh pondok pesantren Nadhlatul Ulama (NU), Kresek, Kabupaten Tangerang K.H. Imaduddin Utsman, Senin (4/11/2019) dikutip dari tangerangnews.

Kata Kiai Imaduddin, baca shalawat itu salah satu rukun dari lima rukun khutbah. Rukun khotbah itu pertama harus ada hamdalah, kedua harus ada salawat kepada Nabi Muhammad SAW, ketiga harus ada wasiat ketakwaan.

Baca juga:  Eggi Sudjana: Ada Rekayasa Penetapan Status Tersangka HRS

Ketiga rukun itu, tambahnya, harus ada dikedua khotbah, baik khotbah pertama maupun kedua. Sementara, rukun keempat harus ada doa untuk orang mukmin pada khotbah kedua, dan kelima harus ada ayat Al Quran yang dibaca di salah satu khutbah.

Karena tidak terpenuhinya rukun khotbah itu, Wakil Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Banten ini mengharapkan, Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Istiqlal mengumumkan kepada jamaah yang melaksanakan salat Jumat tersebut untuk melaksanakan salat Zuhur di rumah masing-masing sebagai pengganti dari salat Jumat yang tidak sah tersebut.

“Karena salat Jumatnya tidak sah, harus dilaksanakan qada, dan qadanya adalah salat Zuhur di rumah masing-masing. Bukan dua rakaat tapi empat rakaat. Dan niatnya bukan qada salat Jumat, tapi qada salat Zuhur,” jelasnya.

Baca juga:  Pemuda Aswaja: Sebarkan Hoax dan Serang Pemerintah Masuk Neraka

Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengurus DKM dimana pun, agar tidak sembarangan mempersilahkan pejabat negara untuk naik mimbar khotbah Jum’at.

“Karena akan berkonsekuensi sah dan tidak sahnya salat Jumat. Apalagi bacaan arabnya tidak standar dan tidak memenuhi hukum tajwid,” pungkasnya