by

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pesan Tiket Liburan ke Eropa

Bagi sebagian orang, pembelian tiket pesawat ke luar negeri sangat banyak pertimbangannya. Terlalu banyak hal yang harus diperhatikan sehingga kamu sering kali lupa tentang hal-hal penting untuk dipersiapkan saat akan melakukan perjalanan.

Bagi kamu yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri, apakah mau langsung cari tiket pesawat murah? Belum tentu, harga tiket murah belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, perhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan beli tiket liburan ke Eropa.

1. Harga tiket pesawat

Salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan sebelum membeli tiket adalah masalah isi kantong atau budget. Yap, pasti kamu tidak mau menghabiskan banyak uang hanya untuk tiket. Namun, jangan asal beli tiket paling murah, kamu harus pertimbangkan juga untuk mencari promo dari online travel agent (OTA) seperti Traveloka untuk harga yang bersaing.

Saat ini sudah sangat banyak maskapai penerbangan yang murah dengan kualitas tidak kalah dengan maskapai yang membanderol tiket dengan harga mahal. Hampir seluruh maskapai penerbangan sudah mengakomodasi tujuan keberangkatan ke Eropa. Namun, harus lakukan prediksi dulu karena kursi yang paling murah cenderung terjual paling cepat.

2. Waktu pembelian tiket

Kamu tentu tidak ingin terburu-buru untuk membeli tiket pesawat untuk liburan. Selain membuat hatimu tidak tenang, biasanya tiket pesawat yang kamu beli mendekati waktu keberangkatan juga dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga:  Calon Kapolri Tito Karnavian Tegaskan FPI Ormas Toleran

Nah, hal yang perlu kamu lakukan adalah pesan tiket jauh-jauh sebelum hari keberangkatan. Selain untuk persiapan yang lebih nyaman, kamu juga akan lebih leluasa mencari tiket pesawat yang harganya lebih murah. Pastikan juga kamu membeli tiket dari agen yang terpercaya ya!

3. Masa berlaku paspor

Dokumen wajib untuk pergi ke luar negeri adalah membawa tanda pengenal bagi wisatawan asing yaitu paspor. Tidak hanya punya paspor dan dibawa ke mana-mana, masa berlaku paspor adalah hal yang tidak kalah penting.

Bagi kamu yang paspornya hanya memiliki sisa masa berlaku enam bulan lagi, tidak akan diizinkan masuk ke negara-negara di Eropa. Kalau pun kamu lolos di Indonesia, tetap besar kemungkinan akan ditolak di negara tujuan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu akan dideportasi.

4. Bagasi

Selain biaya tiket pesawat, perhatikan pula harga bagasi. Apakah tiket pesawat yang kamu beli sudah mencakup biaya bagasi? Jika belum, kamu perlu memeriksa biaya bagasi karena perjalanan ke Eropa mungkin tidak bisa hanya berbekal sebuah koper kabin saja.

Baca juga:  Kapolri-Panglima TNI Hadiri Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam Menjaga Tanah Papua yang Damai

Pastikan juga kamu memeriksa biaya-biaya lain yang kadang tidak tertera di iklan promosi pesawat terbang. Pastikan untuk membawa carry on bag dan hindari koper yang overload agar kamu tidak dikenakan biaya lebih.

5. Asuransi

Kamu boleh saja berhemat, tapi musibah tetap saja bisa terjadi dan kamu harus bersiap-siap. Salah satunya adalah masalah penundaan atau pembatalan penerbangan. Sudah beli tiket pesawat mahal, tapi penerbanganmu ditunda sehingga itinerary perjalananmu terganggu? Pasti tidak mau, ‘kan?

Namun, kamu bisa meminimalisiasi kerugian ini dengan menggunakan asuransi perlindungan keterlambatan penerbangan. Jika kamu membeli pesawat lewat Traveloka, kamu akan mendapatkan fasilitas tambahan agar semua risiko tersebut ditanggung.

Agar rencana perjalananmu tidak berantakan, sebaiknya kamu menggunakan asuransi keterlambatan. Nah, kamu bisa cek asuransi keterlambatan pesawat atau on-time protection di sini dan lihat keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan.

Jadi, beberapa hal tadi merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli tiket pesawat. Secara keseluruhan, semua menunjukan bahwa kamu dituntut untuk teliti dan lebih berhati-hati. Yuk, buat rencana perjalananmu untuk berlibur!

loading...

Loading...

News Feed