Penuh Misteri, Pabrik Esemka Larang Diliput Wartawan walau telah Diresmikan Presiden

PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali melarang wartawan untuk melakukan liputan walaupun sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wartawan Tempo mencoba menemui Humas PT Esemka Sabar Boedhi di dalam pabrik tetapi dicegah pihak satpam.

“Anda harus janjian dulu jika mau ketemu beliau. Nanti bukti janjiannya saya bawa masuk, saya sampaikan ke dalam,” kata Satpam PT Esemka, Selasa (8/10/2019).

Saat dihubungi Tempo Melalui WhatsApp, Sabar mengatakan dirinya sedang berada di Denpasar, Bali. “Maaf kalau saat ini sesi wawancara belum bisa, Pak. Akan kami infokan kalau ada sesi berikutnya,” kata Sabar menjawab permintaan Tempo untuk wawancara seputar produk mobil Esemka.

Saat Tempo menanyakan apakah Sabar hari ini berada di kantor, satpam menjawab, “Sepertinya beliau ada. Tapi kalau mau ketemu beliau musti janjian dulu.”

Saat ditanya apakah dalam waktu dekat ada informasi kunjungan pejabat ke pabrik PT Esemka, agar wartawan bisa masuk dan melakukan kerja jurnalistik, satpam pun menggelengkan kepala. “Seperti biasa, kami tidak bisa memberikan informasi apapun kepada wartawan,” ujarnya. (Tempo)