Bupati Gresik Melantik 264 Kades Baru Masa Jabatan 2019-2025

Gresik-Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim dan Ketua DPRD Gresik Sementara Abdul Qosir mengambil sumpah dan melantik Kepala Desa baru. Pelantikan 264 Kepala Desa baru tersebut berlangsung di Hall Parkir Kantor Bupati Gresik pada Senin (9/9/2019).

Mereka yang dilantik tersebut adalah yang terpilih pada 364 Pemilihan Kepala Desa serentak yang berlangsung pada Rabu 31 Juli 2019 lalu.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Desa yang dilantik pada kali ini.

“Bagaimanapun anda adalah miniature Pemerintahan di lingkup desa. Anda adalah cerminan pemerintahan secara keseluruhan. Kalau anda semua Kepala Desa ini bagus, maka Kecamatan akan bagus, demikian juga Pemerintahan kabupaten juga bagus dan sampai Pemerintahan pusat juga akan bagus,” papar Sambari.

Dari 364 Kades yang dilantik tersebut, ada 13 orang Kades Perempuan dan 251 Kades laki-laki.

Baca juga:  Hore, Jokowi Ingin Program 'Gaji Pengangguran' Segera Cair

Dari jumlah masa tugasnya, ada 61 orang yang sudah menjabat untuk yang ketigakalinya. 82 Kades sudah menjabat Kades yang kedua. Sedangkan 121 orang adalah para Kades yang baru pertama menjabat Kepala Desa.

Masih banyaknya Kades yang baru dilantik, Bupati Gresik menyampaikan, dalam waktu dekat sangat penting kiranya ada pembekalan para Kepala Desa.

“Kalau ada anggaran, Kami akan melaksanakan pembekalan para Kepala Desa baru ini. Mereka harus dibekali tentang aturan dan perundangan. Pembekalan administrasi pedesaan dan administrasi penggunaan dana desa,” katanya.

Ada empat hal yang perlu ketahui dan anda lakukan, yaitu transparansi, akuntabilitas, pelibatan seluruh masyarakat desa dan disiplin tertib administrasi.

Bupati juga mengingatkan agar para Kades yang baru dilantik ini untuk melupakan masa lalu.

“Masalalu yang kami maksud disini agar anda melupakan apa yang anda keluarkan saat mengikuti kontestasi Kepala Desa beberapa saat lalu. Lupakan, berapa uang dan tenaga yang anda keluarkan. Jangan berharap anda ingin mengembalikan dana serta tenaga yang sudah anda keluarkan. Yang penting anda harus merangkul semuanya. Terutama calon Kepala Desa yang tidak terpilih beserta tim suksesnya,” jelasnya.

Baca juga:  Allahu Akbar, Sebelum Padamkan Hutan, Pasukan TNI Shalat Istisqo Berjamaah

Bupati meminta agar sepulangnya dari pelantikan ini, Para Kepala Desa untuk bersilaturahni kepada seluruh masyarakat desanya.

Pada pelantikan Kepala Desa kali ini turut hadir seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfa Sambari beserta seluruh Pengurusnya, ketua GOW Kabupaten Gresik Zumrotus Sholihah Qosim, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Gresik Betty Andhy Hendro Wijaya. (rin)