by

Jakarta Muharram Festival 2019 Meriahkan Tahun Baru Islam

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan grup transmedia mengadakan Jakarta Muharram Festival 2019.

Event yang akan digelar di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia itu, pada Sabtu 31 Agustus 2019, akan dihadiri langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan rangkaian kegiatan pada kegiatan itu yaitu pawai obor disertai atraksi padi, lagu religi, dan shalawat Nabi serta dimeriahkan artis nasional, tausiyah, dan doa bersama dalam memperingati momen tahun baru Islam tersebut.

Saefullah menerangkan, acara tersebut akan dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda, dan Hijab

“Selain Muharram Concert, festival ini juga memiliki beragam acara, pertunjukan, dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor, dan Fire Dance,” kata kata dia saat konferensi pers di Balairung Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (29/8).

Saefullah mengatakan, bagi warga yang senang dengan kesenian nusantara, bisa menyaksikan penampilan kesenian khas Betawi seperti tari topeng, palang pintu, lenong dan pantun, hingga ondel-ondel feat perkusi ,arawis. Lalu ada 2.600 peserta milenial pawai obor yang dilombakan melalui piala Gubernur pawai obor.

Baca juga:  Polres Lamongan Sita Ribuan Liter Miras Jenis Arak

Selain itu, dia menerangkan, Pemprov DKI juga telah menyiapkan pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bunderan HI dan 3D Project Mapping Building yang mampu menarik perhatian pengunjung pada gelaran HUT DKI lalu.

“Sementara itu, yang tak kalah menarik adalah Fire Dance hingga Beauty of Jakarta Festival yang bakal menemani pengunjung hingga puncak acara pukul 23.00 WIB,” kata Saefullah

Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menutup jalur kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat saat pagelaran Jakarta Muharram Festival 2019

“Penutupan dilakukan pada malam Ahad,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir.

Pemprov DKI mengundang duta besar dari negara sahabat, termasuk yang memiliki kota yang berstatus bersahabat dengan DKI Jakarta.

Baca juga:  Dosen dari Berbagai PT Ikuti PEKERTI di UMK

Kegiatan ini akan di mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.59 WIB, dengan dua kali jeda, pada saat shalat Maghrib dan shalat Isya.

Pada saat waktu magrib dan isya akan dilaksanakan shalat berjamaah, setelah selesai acara akan di lanjut sampai selesai acara.

“Untuk melaksanakan shalat maghrib dan isya, kita sangat anjurkan kepada pengunjung, untuk membawa alat shalat masing-masing seperti sajadah dan mukena untuk wanita. Untuk tempat wudhu sudah disiapkan di 11 titik di sekitar lokasi acara,” kata Saefullah.

Untuk acara pawai obor, akan disemarakkan 2. 600 orang yang akan membawa obor elektrik, dimulai pukul 19.00 WIB. Para peserta obor akan memulai di pintu Thamrin dekat Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia

Dia mengatakan, pihaknya meminta 500 orang delegasi dari Wali Kota Jaksel, Jaktim, Jakpus dan Jakut dan Jakbar dan 100 personel dari kabupaten kepulauan seribu. [republika.co.id]

loading...

Loading...

News Feed