3 Kecamatan Ikuti Bursa Inovasi Desa di Pendopo Kecamatan Mantup Lamongan

Bursa Inovasi Desa (BID) yang diikuti tiga kecamatan yakni Kecamatan Mantup, Kembangbahu dan Sambeng dibuka Bapak Sa’id Kepala dinas PMD Kabupaten Lamongan

Berbagai produk inovasi dan UMKM desa dipamerkan dalam acara ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lamongan Said menyampaikan, BID ini menjadi bagian upaya peningkatan kapasitas desa dalam penyerapan anggaran.

Pihaknya berharap, pembangunan desa di sektor perekonomian bisa meningkat sehingga kemandirian ekonomi masyarakat meningkat.

“Meningkatkan dan menyatukan lembaga teknis dalam hal membina inovasi yang ada di desa-desa Kabupaten Lamongan,” ujar dia.

Program Inovasi Desa, dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target.

Baca juga:  Hak Jawab Berita Cak Nun

Melalui peningkatkan produktivitas perdesaan, bertumpu pada ekonomi lokal kewirausahaan, peningkatan SDM, serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan.

“Memberikan pendampingan dan tawaran-tawaran dalam rangka mempercepat perekonomian desa dengan memanfaatkan dana desa,” lanjut dia.

Said berucap, output BID akan dapat menghasilkan sebuah penandatanganan komitmen inovasi yang akan diajukan.

“Selamat datang kepada semua yang hadir di bursa inovasi desa yang dilaksanakan di pendopo kecamatan mantup bursa inovasi desa ini, desa diberi kesempatan untuk berinovasi untuk mengembangkan berbeda dan pemerintah hanya melindungi inovasi desa ini sudah berjalan selama 5 tahun dan berkembang pesat contohnya di warung usaha krupuk dan di desa tunggu pencuci sarang burung walet kita tingkatkan ucap camat Sukri SH.MM, Rabu (31/07/2019)

Baca juga:  Luar Biasa, Musa Hafiz Cilik asal Indonesia Menjadi Juara MTQ Internasional di Mesir

Hal senada juga diucapkan Bpk. Ari Wibowo selalu ketua tim pemaparan Bid, kades dan BPD adalah membawa nama masa depan bagi potensi desa indek se kabupaten Lamongan meningkat dari 3 desa menjadi 11 desa meniru itu berdasarkan di desa masing masing kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan inovasi desa yang sudah di laksanakan dan diharapkan bisa ditiru oleh desa lainnya dan minimal memberi semangat agar desa bisa lebih maju untuk memiliki inovasi inovasi yang lain, tandasnya. (RINTO CAEM/SYAM)