Ini Dia! 5 Persiapan Wajib yang Harus Dilakukan Menjelang Melahirkan

Untuk Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 34 minggu, pasti sedang merasa cemas sekaligus bahagia menjelang persalinan. Cemas akan proses melahirkan yang memakan waktu lama dan bahagia karena sudah tak sabar untuk bertemu dengan si kecil.

Nah, jika kamu memilih untuk melahirkan secara normal, persiapan pun harus segera dilakukan. Bukan hanya persiapan mental saja tapi juga persiapan lain yang juga tak kalah penting. Nah, agar semakin mantap melahirkan normal, ada beberapa persiapan wajib yang harus dilakukan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pelajari proses melahirkan
Melahirkan normal memang proses yang alami, namun bukan berarti kamu tidak perlu mempelajari prosesnya. Penting untuk menggali informasi seputar melahirkan normal tanpa rasa sakit. Jangan malas untuk bertanya kepada dokter, bidan, atau pun teman yang telah sukses melahirkan normal.

Biasanya, ibu hamil yang rajin mencari informasi tentang proses persalinan akan lebih aktif dan responsif dalam proses melahirkan serta memberi hasil akhir yang lebih memuaskan. Selain bertanya kepada yang lebih ahli, kamu juga bisa mengikuti kelas prenatal bersama sang suami guna menambah ilmu persalinan.

Baca juga:  UMKM di Lamongan Butuh Pembinaan

2. Tentukan lokasi melahirkan
Penting untuk berdiskusi kepada pasangan mengenai lokasi melahirkan. Baik itu di bidan atau pun rumah sakit. Jika kamu pengguna asuransi BPJS Kesehatan, carilah lokasi melahirkan yang memang menyediakan fasilitas BPJS Kesehatan. Oh iya, sesuaikan biaya rumah sakit dengan kemampuanmu, ya.

Ingat, tak perlu memaksakan diri. Yang penting kamu kamu dan jabang bayi sehat. Nah, biar lebih mudah menentukannya, sebaiknya pilih lokasi melahirkan yang sesuai dengan tempat praktik dokter kandungan atau bidan yang biasa kamu temui semasa kontrol kandungan.

3. Persiapkan tubuh sebaik mungkin
Perlu kamu ketahui kalau melahirkan normal akan menguras banyak tenaga. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama hamil. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, tidur teratur, hingga menjaga kebersihan organ intim. Jika perlu, kamu juga bisa mengikuti senam hamil supaya staminanya semakin maksimal.

4. Olahraga teratur
Di luar senam hamil, kamu juga diwajibkan untuk olahraga ringan secara teratur. Menyiapkan fisik menjelang persalinan normal akan membuatmu lebih siap saat melahirkan. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di antaranya berenang, jalan kaki, yoga, pilates, squat, dan senam kegel. Luangkan waktu selama 15 sampai 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga ini juga bisa membantu melancarkan proses persalinan.

Baca juga:  Pedagang Pasar Kosambi Bergembira Didatangi Jokowi dan Diberi Bantuan

5. Persiapkan semua hal kecil menuju lokasi melahirkan
Jika semua persiapan di atas telah kamu lakukan, selanjutnya kamu hanya butuh mempersiapkan hal-hal kecil seperti menyiapkan tas perlengkapan ibu dan si kecil seperti baju ibu, peralatan mandi, bra untuk menyusui, baju bayi, popok, dan alat mandi untuk newborn.

Selain itu, kamu juga harus mempersipkan hal lain yang tak kalah penting, mulai dari merencanakan siapa saja orang yang akan membantumu pergi ke rumah sakit saat kontraksi sudah mulai terasa hingga nomor penting yang bisa kamu hubungi saat waktu-waktu genting. Kalau kamu berencana untuk melahirkan dengan menggunakan bantuan BPJS Kesehatan, penting untuk bayar bpjs terlebih dahulu supaya kartu BPJS Kesehatan milikmu bisa dipakai.

Percayalah, kamu pasti tak menginginkan hal kecil apa pun akan merepotkanmu ketika hendak melahirkan. Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan semua hal ini. Semoga semua proses persalinannya lancar ya, Bu.