Jokowi tak Percaya Ada Kecurangan Pemilu Indonesia di Malaysia

Calon Presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) tidak percaya beredarnya video atau kabar terjadinya kecurangan pemilu Indonesia yang dilaksanakan di Malaysia.

“Penghitungan surat suara itu dilakukan nanti pada tanggal 17, mekanisme itu harus tahu. Nanti juga penghitungannya berjenjang. Jadi jangan sampai ada yangngomong curang, curang, dihitung juga belum. Berjenjang,” ujar Jokowi kepada wartawan di Depok, Kamis (11/4/2019).

Jokowi juga mempercayakan pengawasan pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Semua ‘mata’, termasuk masyarakat, ikut mengawasi.

Baca juga:  Anies Baswedan Kurban Kerbau di Masjid Menara Kudus

“Kalau ada yang curang di TPS mana, kalau ada yang curang di kecamatan mana, kalau curang di kabupaten mana, gampang sekali ngitungnya. Hitungannya berjenjang kok, semua masyarakat, semua anak muda yang memiliki aplikasi bisa dicek itu, bisa ngecek semuanya,” papar Jokowi.

“Oleh sebab itu, seluruh rakyat saya ajak semua untuk melihat TPS, hasilnya dijepret, jadi kalau nanti ada yang curang gampang carinya,” kata Jokowi.

Sebelumnya, KPU sudah menepis broadcast yang berisi hasil pemungutan suara Pilpres 2019 di luar negeri. Menurut KPU, hasil pemungutan suara di luar negeri baru diketahui setelah proses penghitungan suara pada 17 April 2019.

Baca juga:  Edan, Warga Rela Minum Bekas Cucian Sepatu Jokowi