Paguyuban Pendekar Kecamatan Kedungpring Lamongan Sosialisasikan Pemilu 2019

Relawan demokrasi bersama KPU Kabupaten Lamongan pada segmentasi adat istiadat dan kebudayaan melakukan sosialisasi pemilu serentak 2019 bersama paguyuban pendekar se-kecamatan kedungpring yang meliputi anggota pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai, Persaudaraan Setia Hati Winongo, Pagar Nusa, Kera Sakti, dan Margoloyo. Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Blawirejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten lamongan.
Pada pukul 13.30 Wib, Kamis (4/4/2019).

Acara ini dimulai dengan seluruh tamu undangan yang hadir yakni PPK Kedungpring, Perangkat Desa, Panwascam, PPS desa Blawirejo dan sekitar 90 orang pendekar pencak silat.

Pada kali ini perwakilan dari paguyuban pendekar pencak silat, Mas Safiudin memberikan sambutan dan menceritakan asal mula paguyuban ini di mulai

“Pada awal terkumpulnya paguyuban ini adalah para anak-anak pramuka yang melakukan kegiatan sosial baik kerja bakti maupun penghijauan di sekitar desa sini, dan mulai berjalannaya waktu para anggota pramuka ini mulai menunjukkan pencak silat masing-masing yang berbeda, dan memutuskan untuk membuat kesepakatan bahwa harus ada paguyuban ini untuk menunjukan kepada masarakat luas bahwa citra negatif yang menyebut bahwa antar pencak silat selalu tidak akur, dan paguyuban ini dinilai sebagai wadah dan terobosan untuk menunjukaan nilai positif setiap pencak silat”.

Baca juga:  Kabar Gembira, Minyak Jelantah Jadi Cuan Dihargai Rp6.500 per Liter Ini Caranya

Sambutan selanjutnya yakni Bapak kepala Desa Blawirejo, Bapak Sumaji S.P. juga berterima kasih atas kunjungan dan kegiatan sosialisasi dari relawan demokrasi ini.

Setelah kepala desa memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan oleh Relawan demokrasi yang memberikan sambutan sekaligus menyosialisasikan tentang pemilu 2019. Diawali dengan menjelaskan siapa yang yang akan dipilih beserta surat suaranya yakni, Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPRRI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten atau kota. Kemudian dilanjutkan mengenai tata cara pemberian suara saat pemilihan nanti berlangsung, jumlah dapil di Provinsi dan Kabupaten/kota, serta surat suara yang sah dan tidak sah.

Pada kali ini Ketua PPK Kedungpring juga meberikan arahan dan apresiasi terhadap seluruh anggota pencak silat yang hadir disini. Beliau mengatakan bahwa “paguyuban ini sangat patut diapresiasi, dengan seragam pencak silat yang berbeda kalian mampu melakuakan kegiatan sosial dengan bersamaan tanpa ada rasa pertengkaran diantara kalian, maka setelah selesai acara ini kalian setidaknya juga harus bisa mengajak tetangga dan orang sekitarnya untuk turut menyukseskan pemilu 2019”.

Ada juga tambahan dari anggota PPK lain yang menyarakan jika ada anggota ini baru menginjak usia 17 tahun pada bulan diharapkan segera menghubungi PPS setempat agar nantinya bisa mempunyai Hak Pilih saat pencobosan nanti. Ada juga arahan dari perwakilan intel polres lamongan yang hadir dan memberikan rekomendasi bagi seluruh anggota pencak silat agar turut mengamankan Pemilu 2019 nanti.

Baca juga:  Sementara 46 Orang Meninggal Imbas Gempa M 5,6 Cianjur, 700-an Terluka

Setelah agenda sosialisasi seluruh tamu undangan dan para anggota pencak silat ini melakukan makan bersama untuk selanjutnya disambung dengan acara menanam pohon jati di sekitar desa blawirejo.

MH. Fatkhur Rohman selaku divisi SDM dan Parmas KPU Lamongan sangat mengapresiasi dengan positif dan merasa sangat senang sudah dibantu sosialisasi tentang pemilu, langkah yang dilakukan ini adalah wujud para pendekar untuk selalu berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan negara utamanya pemilu.

Mereka juga berkomitmen untuk hadir di TPS dan mengajak anggota pendekar lain di wilayah kabupaten lamongan untuk nyoblos pada rabu 17 April 2019 mendatang.

“Komitmen mereka bagian dari support ke kami agar partisipasi masyarakat di lamongan meningkat, pungkas Fatur asal Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren ini.(RINTO CAEM)