by

Ini Dia! Wisata Alam di Kota Makassar yang Keren

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang yahud, dimana kerap dipuja-puji para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya di pulau Sulawesi, di kota Makassar.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Makassar memiliki potensi pariwisata bahari yang tak kalah indah dan menakjubkan, dibandingkan daerah lainnya.

Namun siapa sangka, keindahan pantai dan laut lepas bukanlah satu-satunya destinasi wisata alam yang patut dikunjungi saat berada di Ibukota provinsi Sulawesi Selatan tersebut.
Makassar dan kawasan sekitarnya menawarkan destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Tak heran dalam beberapa tahun ke belakang, banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri memilih untuk berlibur ke sini. Penasaran dengan apa saja yang ditawarkan dari alam Makassar?

Ini dia 9 lokasi wisata di kota Makassar yang bakalan bikin kamu takjub dan terkagum-kagum.

1. Pantai Losari

Pantai Losari merupakan salah satu ikon kota Makassar yang sangat dibanggakan oleh masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh banyak pantai lainnya.

Di sini, para wisatawan bisa menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam. Keunikan tersebut lantas, menarik perhatian para wisatawan.

2. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Menempati lahan dengan wilayah terluas di Sulawesi Selatan, segala pesona keindahan alam di Makassar dan sekitarnya dapat Anda temukan di sini. Terbagi dalam beberapa kawasan, Anda akan menikmati sejuk dan tenangnya suasana di Rammang-Rammang berkat eloknya, telaga, gua, serta hutan batu.

Selain itu ada juga kawasan yang diberi nama The Kingdom of Butterflies. Sesuai namanya, Anda akan menemukan berbagai jenis kupu-kupu yang cantik, sembari mendapatkan ketenangan dari derasnya suara air terjun.

Baca juga:  Kurang Perawatan, Bus TransJ Keluarkan Asap di Jatinegara

3. Pantai Appalarang

Makassar juga memiliki pantai tersembunyi dengan keindahan tiada dua. Bernama Pantai Appalarang, pantai ini berada di belakang bukit tebing yang tinggi. Airnya biru jernih dan pasir putih, menyambut dengan hangat para wisatawan setelah melewati rute yang sulit.

Namun, jika Anda butuh istirahat sebentar di atas bukit, pemandangan laut lepas yang luas mampu menghilangkan rasa letih dengan seketika.

4. Celebes Canyon

Warga Sulawesi menamainya Celebes Canyon, karena kemiripannya dengan objek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat.

Para wisatawan bisa merasakan kesejukan dan nuansa tenang yang dihadirkan melalui suara air Sungai Ule yang mengalir di sela-sela bebatuan. Dari pusat kota Makassar, Anda hanya perlu memakan waktu perjalanan selama dua jam untuk tiba di sini.

5. Air Terjun Lengang

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Lengang, Anda perlu memasuki kawasan hutan berbatu dengan jalan penuh tanjakan. Namun, segala keletihan Anda akan dapat terbayar secara maksimal setelah sampai di sini.

Masyarakat sekitar menjulukinya dengan air terjun bertingkat, di mana di salah satu bagiannya, Anda bisa bermain air bahkan berenang seperti berada di infinity pool.

6. Air Terjun Batulappa

Makassar ternyata masih memiliki spot wisata air terjun yang sangat menarik. Berbeda dari lokasi sebelumnya, Air Terjun Batulappa memiliki keunikan dari bentuk batuannya yang berundak-undak.

Baca juga:  Tampil di TV Rusia, Jokowi Tahu apa yang diinginkan rakyat?

Air terjun yang meluncur ke bawah menjadi tidak begitu deras dan para wisatawan bisa bermain air di setiap “lantai alami” di air terjun ini.

7. Danau Tanralili

Jika Anda ingin melarikan diri dari hawa pesisir yang lembap dari kota Makassar, coba untuk melakukan perjalanan ke kawasan Gunung Bawakaraeng. Perjalanan hampir tiga jam yang Anda tempuh akan dibayar dengan keindahan suasana Danau Tanralili yang tenang dan sejuk di kaki gunung.

8. Gunung Bawakaraeng

Jika Anda masih merasa kurang puas, berjalanlah ke atas sedikit untuk menuju Gunung Bawakaraeng. Di puncak gunung Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, mulai dari telaga yang biru, hutan hijau yang subur, hingga kota Makassar yang ramai.

Meskipun harus menanjak melewati jalur yang terjal, tidak membuat semangat para wisatawan luntur untuk mendaki ke atas.

9. Pantai Akkarena

Jika di Pantai Losari Anda bisa melihat sunrise dan sunset, di Pantai Akkarena, Makassar, Anda akan menemukan keunikan berupa warna pasir pantai yang hitam.

Pantai ini akan terlihat sangat indah di kala matahari terbenam, bahkan pengelola menyediakan anjungan untuk para pengunjung menikmati terbenamnya matahari dengan tenang.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Makassar yang tidak boleh Anda lewati saat berkunjung. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Ibukota Sulawesi Selatan tersebut dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mencari info mengenai hotel murah di Makassar. Selamat berlibur!

loading...

Loading...

News Feed