Indonesia Siap Menyelenggarakan MotoGP 2021

Jakarta Indonesia menyatakan siap menggelar pertandingan MotoGP pada 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi yang juga didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat bertemu dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (11/3/2019).

Indonesia dipastikan dapat menyelenggarakan MotoGP 2021 usai dilakukan penandatanganan antara Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP, dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), pada awal tahun ini.

“Mr. Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap, baik dalam organisasi maupun menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Saya sampaikan kita siap,” ujarnya.

Baca juga:  Wow, Ini Dia Anggota DPR yang pernah "Mencicipi" Artis NM

Pengalaman Indonesia yang sebelumnya sukses menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games memberikan optimisme untuk mendulang sukses dalam penyelenggaraan MotoGP yang terakhir kali digelar di Indonesia pada 1997. Rencananya, MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan. Menariknya, sirkuit ini akan dipadukan dengan keindahan alam Mandalika.

“Tadi Mr. Carmelo menyampaikan bahwa ini adalah street circuit yang katanya sangat indah karena mepet dengan pantai,” ucap Jokowi.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menunjang gelaran tersebut. Pembangunan sirkuit Mandalika yang berupa jalan raya dibangun sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika. Infrastruktur ini nantinya tak hanya digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP semata, tetapi juga menjadi daya tarik wisata Mandalika yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai 1 dari 10 destinasi wisata baru Indonesia.

Baca juga:  Lecehkan Mahasiswi, Mahasiswa UGM: Penjarakan Dosen Eric Hiariej

“Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga, juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini,” kata Jokowi.[liputan6]