Caleg Baru yang Rajin Sosialisasi Mendapat Respon Positif Masyarakat

Calon Legislatif (Caleg) PDIP Sondang Tiar Debora Tampubolon, menjadi caleg Dewan Perrwakilan Rakyat (DPR) RI yang hampir bisa dipastikan lolos ke parlemen melalui helatan Pileg 2019 mendatang.

Pasalnya, kursi di DPR RI pada Dapil DKI Jakarta 1 yang berjumlah 6 Kursi berpotensi kuat dimenangkan oleh empat parpol yang salah satunya adalah PDIP. Partai Banteng hampir dipastikan mendapat 2 kursi di Dapil I DKI yang menjadi Dapil Sondang.

Direktur eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Andri Gunawan mengatakan peluang Sondang untuk melenggang ke DPRD DKI amat terbuka. Berdasarkan survei terbaru LKPI, Sondang adalah caleg baru yang tergolong populer dan elektabilitasnya tinggi.

“Nama Sondang ini menjadi menarik di pertarungan pemilu legislatif sekarang karena ini kan nama baru,” ujar Andri Gunawan dalam keterangan persnya, Sabtu (16/02/2019).

Pada survei yang dilaksanakan sepanjang 22 Januari s/d 8 Februari 2019, nama Sondang memperoleh tingkat keterpilihan sebanyak 7,7 persen. Lebih tinggi dari Putra Nababan yang hanya memperoleh tingkat keterpilihan sebanyak 2,9%. Padahal, Putra Nababan relatif lebih dikenal publik sebagai mantan jurnalis televisi nasional.

“Tampaknya kerja-kerja sosialisasi yang bersangkutan di Dapilnya disambut respon positif di hati para pemilih,” ujar Andri.

Dengan metode simulasi kartu suara, berikut daftar Caleg Dapil I DKI yang mendapat Tingkat Keterpilihan tertinggi:

Achmad Fauzan 9,2

Habibburokhman 19,2

Bambang A Wiyogo 8,3

Mardani 6,4

SB Wiryanti Sukamdani 4,2

Sondang Tampubolon 7,7

Dwi Astuti Wulandari 5,3

Putra Nababan 2,9

Imam Nahrawi 1,6

Asril Tanjung 2,2

Eko Hendro Purnomo 1,9

Iwan Sumule 4,3

H. M. Yusuf Mujenih 3,3

Caleg Lainnya 0,5