Siswa yang Tantang Guru Honorer Minta Maaf

Siswa berinisial AA yang melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap gurunya viral di media sosial akhirnya minta maaf.

Nur Kalim –guru honorer yang ditantang siswa itu mengaku menerima permintaan maaf siswanya. Siswa tersebut sempat mencium kaki sang guru yang sempat dilecehkan tersebut.

“Saya maafkan, dengan sepenuh hati,” ujar Nur Kalim.

Nur Kalim menceritakan awal mula kejadian itu. Peristiwa terjadi pada Sabtu (2/2) pekan lalu, Bermula saat dirinya hendak mengajar tapi tidak mendapati siswanya di ruangan kelas.

Kemudian guru honorer itu mencari siswa di luar sekolah dan mendapati jika seluruh siswanya berada di sebuah warung kopi yang tidak jauh dari lokasi sekolah.

“Kemudian saya mendatangi lokasi dengan mendobrak pintu warung yang masih tertutup. Seluruh siswa langsung tergopoh keluar. Kemudian saya peringatkan agar segera kembali ke sekolah, karena waktu belajar sudah mulai,” tuturnya.

Baca juga:  STEI SEBI Bersama LAZNAS IZI Selenggarakan Islamic Philanthropy Outlook 2024 Bahas Isu Trust Masyarakat!

Namun, upaya sang guru itu membuat AA marah dan membuat kegaduhan dengan merokok di kelas dan menggedor bangku ruangan kelas yang kemudian direkam salah satu temannya.

Mulanya AA melampiaskan kemarahan dengan menggedor seluruh bangku ruangan kelas. Kemudian lebih berani lagi, buku mata pelajaran sebagai pegangan Kalim mengajar dibuang oleh AA, namun tidak sampai mengenai badan guru.

Melihat tindakan itu, Kalim yang hanya digaji Rp450 ribu setiap bulannya itu, hanya memperingatkan agar mematikan rokok, namun tak digubris.

“Sebenarnya saya mulai marah merasa dilecehkan, tapi saya redam. Kalau saya memukul anaknya, perilaku itu sangat tidak terpuji dan bukan cara terbaik untuk mendidik,” ujarnya.

Sebelumnya, sempat viral video berdurasi 54 detik yang memperlihatkan seorang siswa semena-mena merokok di dalam kelas, dan melakukan tindakan semena-mena terhadap seorang guru.

Baca juga:  Pemerintah Harus Memperbanyak Lab Uji Covid-19

Permintaan maaf siswa berinisal AA itu dimediasi langsung Aparat Polisi Sektor (Polsek) Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jatim, yang mempertemukan guru, murid dan orang tua murid di Mapolsek Wiringinom, Minggu.

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro dikonfirmasi mengakui mediasi itu memang sengaja dilakukan, sebagai upaya pembinaan terkait kasus tersebut.

“Kami panggil semua yang terkait, dan ini bukan berarti penindakan, tapi pembinaan,” ucapnya.

Wahyu mengatakan, kasus itu sepenuhnya ditangani Polsek Wringinanom dan merupakan kejadian tanggal 2 Februari 2019, namun baru viral pada 9 Februari 2019 karena videonya diunggah di media sosial.

Sementara dalam forum mediasi, siswa AA meminta maaf dengan didampingi kedua orang tuanya, dan anak berusia 15 tahun itu hanya terlihat mendudukkan kepalanya.(RINTO CAEM)