Cegah DBD, Caleg PDIP Ingatkan Warga Bahaya Genangan Air

Caleg PDIP untuk DPRD DKI dapil Jakarta Pusat nomor urut 9, Elvi Diana meminta warga untuk mengutamakan tindakan pencegahan mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Elvi bersama caleg PDIP untuk DPR RI dapil DKI II, Eriko Sotarduga menggelar pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD dengan pengasapan atau fogging pada dua titik di wilayah Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/19).

Setiap jalanan dan gang yang di-fogging, Elvi berulang kali meminta kepada warga untuk memperhatikan setiap sudut rumah yang tergenang air. Genangan air, kata dia, bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue, penyebab DBD.

“Kami harus nyinyir karena genangan air jangan dianggap sepele, tapi saya senang sekali karena respon warga luar biasa. Fogging ini kan sesuai permintaan warga,” kata Elvi di lokasi.

Data Kementerian Kesehatan menyatakan sebanyak 22 provinsi terjadi peningkatan kasus DBD termasuk DKI Jakarta. Elvi mengatakan dia bersama Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi siap memenuhi permintaan warga untuk mencegah wabah DBD meluas.

“Kami turun ke bawah ini tujuannya preventif karena kalau sudah kejadian luar biasa (KLB) lebih sulit lagi. Daerah sini kan penduduknya banyak dan padat,” ujar Elvi yang juga Dewan Pakar Seknas Jokowi tersebut.

Caleg PDIP untuk DPR RI dapil DKI II, Eriko Sotarduga mengatakan siap untuk lebih sering turun ke masyarakat. Fogging, kata dia, hanya salah satu sarana sosialisasi termasuk langkah gerilya pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Terpenting menurut dia adalah bagaimana bertemu langsung dengan banyak orang terutama kalangan menengah ke bawah.

“Spanduk dan poster yang bertebaran untuk apa gunanya kalau kami tidak bertemu langsung dengan masyarakat. Kami tidak ingin jadi caleg spanduk,” ujarnya.