KH Ma’ruf Akui di Sumbar Masih Banyak Buta Baca Al Quran

Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) masih banyak masyarakat yang buta membaca Al Quran.

“Nanti di Sumatra Barat kalau saya terpilih tidak ada lagi buta huruf Alquran di seluruh Sumatra Barat,” ujar KH Ma’ruf Amin, Rabu (6/2).

Kiai Ma’ruf mengakui Padang merupakan salah satu daerah yang berat untuk meraup suara karena merupakan basis pendukung Prabowo-Sandiaga Uno. Bahkan, kata dia, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga tidak bisa tembus di daerah tersebut.

“Di Sumatra Barat jualannya harus Alquran. Sayang tidak ada tes baca Alquran. Padahal saya senang sekali kalau misalnya ada tes baca Alquran, supaya orang Padang tahu gitu loh yang bisa baca Alquran yang mana dan yang tidak bisa baca Alquran yang mana,” ucap Kiai Ma’ruf.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini melanjutkan, jika ingin menjadi imam shalat umat Islam harus memiliki bacaan Alquran yang baik, termasuk jika ingin menjadi pemimpin negeri ini.

Kiai Ma’ruf pun akan mengajak masyarakat Padang untuk mendukung dirinya. Karena, masyarakat Minang di Jakarta telah mendukung dirinya dan Jokowi.

“Orang Sumatra Barat di Jakarta saja mendukung 01, masak yang di Sumatra Barat tidak. Saya akan bilang di sana (Padang), kami sudah mendapat dukungan penuh dari masyarakat orang awak di rantau,” katanya.