Sebut Siapa Suruh Makan Jalan Tol, Jokowi Alami Kebingungan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat kebingungan dengan mempertanyakan orang yang mengkritik jalan tol sehingga bisa membuat kenyang.

“Kritik jalan tol tak perlu ditanggapi. Biar rakyat yang bisa menilai sendiri. Kalau ditanggapi siapa yang suruh makan jalan tol menandakan Jokowi kebingungan,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum kepada suaranasional, Rabu (6/2/2019).

Menurut Achsin, ada pembisik Jokowi yang meminta mantan Wali Kota itu melakukan serangan terhadap orang-orang yang selama ini mengkritiknya.

“Kalau menyerang terus bisa blunder dan sudah beberapa kali Jokowi blunder menjadi sasaran empuk serangan balik kubu oposisi,” kata Achsin.

Kata Achsin, kritikan jalan tol muncul dari pengusaha jasa transportasi khususnya truk. “Biaya masuk tol tinggi menyebabkan para sopir enggan masuk jalan tol,” papar Achsin.

Jokowi kembali menyinggung soal pembangunan jalan tol di era pemerintahannya yang dikritik sebagian orang dengan mengatakan ‘kami tidak makan jalan tol’. Jokowi mengatakan, tidak ada yang menyuruh orang untuk makan jalan tol.

“Soal infrastruktur, karena yang sering dibicarakan masyarakat adalah yang gede-gede, baik itu pelabuhan besar, airport baru, jalan tol, yang sebetulnya infrastruktur kecil pun banyak kita bangun. Tapi saya mau cerita dulu mengenai jalan tol. Karena ada yang sampaikan ‘Pak kami tidak setuju dengan jalan tol, kami tidak makan jalan tol’. Ada yang sampaikan itu. Yang suruh makan jalan tol siapa? Makan semen sama aspal malah sakit perut,” kata Jokowi.