Minta Jatah 20 Menteri, Cak Imin Tunjukkan Posisi Tawar & Kekuatan

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menunjukkan posisi tawar dan kekuatan dengan mengajukan 20 menteri.

“Mengajukan 20 menteri itu posisi tawar dan kekuaatan Cak Imin. PKB jelas punya basis massa yang jelas yaitu NU,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum kepada suaranasional, Sabtu (2/2/2019).

Menurut Achsin, selama ini, PKB merupakan partai yang paling loyal dan banyak memberikan sumbangan suara kepada Jokowi. “Melalui PKB, Jokowi diperkenalkan pada para kiai, PKB juga mentralisir isu PKI terhadap Jokowi,” papar Achsin.

Baca juga:  PPJNA 98: MRS & Aktivis Politik Harus Tetap Diproses Hukum

Kata Achsin, Cak Imin ingin menunjukkan permintaan 20 menteri merupakan bentuk konsekuensi kerja yang dilakukan PKB dan NU. “Dalam politik itu tidak ada yang gratis,” jelas Achsin.

Cak Imin menyebut partainya bakal mengajukan 20 nama sebagai calon menteri bila Jokowi-Ma’ruf Amin memenangi Pilpres 2019. Tapi keputusan penentuan jatah menteri diserahkan kepada Jokowi.

“Ya, kita ngajukan 20 menteri. Berapa yang diterima, ya terserah Pak Jokowi,” ujar Cak Imin tersenyum kepada wartawan di Gedung AW Center, Jl Raya Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (31/1/2019).

Baca juga:  Aktivis 98: Pemerintahan Jokowi telah Menjadi Fasis