Rocky Gerung Berbicara Akal Sehat di Universitas Muhammadiyah Lamongan

Pengamat politik yang juga filosof Rocky Gerung memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Lamongan, Senin (29/1/2019).

Ia mengatakan, tugas Muhammadiyah membereskan perspektif yang benar dalam berfikir. Organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan dengan simbol matahatari serta padi dan kapas memberikan arti pencerahkan akal sehat dan kemakmuran.

Selain itu, ia juga berbicara tugas pemerintah mencerdaskan fikiran manusia. “Kalau hari ini ada pemimpin kekuarangan akal sehat dan berfikir berarti ia tidak hadir saat Tuhan membagikan akal sehat mungkin ada di gorong-gorong, selfie di lokasi bencana, potong rambut di bawah pohon,” paparnya.

Menurut Rocky tugas mahasiswa dan akademisi termasuk di Universitas Muhammadiyah merapikan isi kepala. “Tugas mahasiswa bukan merapikan rambut. Percuma rambut klimis tetapi isi kepalanya tidak ada,” ujar Rocky.

Untuk menghasilkan akal sehat, kata Rocky diperlukan revolusi fikiran bukan revolusi mental. “Kita mengingikan menerbitkan akal sehat, saya blusukan akal sehat dari kampus ke kampus,” pungkasnya. (Rinto Caem)