by

Para Habaib Kecam Pengawal KH Ma’ruf Amin Terhadap Makam Guru Sekumpul

Para habaib mengecam tindakan para pengawal calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin di makam Guru Sekumpul yang menganggu para penziarah lainnya.

Para pengawal KH Ma’ruf Amin juga menggunakan alat detektor di sekitar makam sehingga mengganggu kekhusakan para penziarah lainnya.

“Saya akan menjaga makam keramat dari segala bentuk penghinaan semacam ini yang mereduksi sakralitas,” kata Habib Naufal Alaydrus.

Pengurus Robithoh Alawiyah Kalsel di bidang kepemudaan, Habib Sagaf Alhabsyi mengecam keras sikap yang dianggap tak sopan terhadap makam keramat Guru Sekumpul. Hal ini baru terjadi pertama kali di makam keramat Guru Sekumpul. Apalagi status KH Maruf Amin baru berstatus cawapres.

Baca juga:  Dukungan Jokowi dan Erdogan dari Rakyat Berbeda

“Mungkin bisa dimengerti bila M´ruf Amin sebagai wapres terpilih. Mungkin hal itu bisa dibenarkan karena prosedur yang harus dilewati untuk pemimpin negara. Tapi itu pun harus dipertimbangkan dengan kearifan lokal hingga tak mengganggu para peziarah,” kata Sagaf Alhabsyi.

abib Hasyim Arsal Alhabsyi juga ikut menyesalkan peristiwa itu terjadi di makam keramat yang sangat disakralkan masyarakat setempat.

Tentu sikap pengawal cawapres di hadapan banyak masyarakat yang tengah berziarah menunjukkan bahwa tim KH Ma´ruf Amin tidak sensitif. Alih-alih menghormati makam keramat, kunjungan KH Ma´ruf Amin malah dinilai menghina makam Guru Sekumpul.

loading...

Loading...

News Feed