Deklarasi Integritas Relawan Demokrasi KPU Lamongan

Puluhan relawan demokrasi yang akan menjadi ujung tombak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan (KPU Lamongan), dalam Pilpres dan Pemilu 2019, sudah mendeklarasikan komitmen integritas.

“Relawan demokrasi ini melakukan deklarasi komitmen integritas dan penandatanganan pakta integritas relawan demokrasi pemilu 2019,” kata MH Fatkhur Rohman, Komisioner KPU Lamongan Divisi SDM dan Parmas, di Hotel Grand Mahkota, Sabtu, (26/1/2019).

Menurutnya, 55 relawan ini akan menggerakkan, meningkatkan partisipasi pemilih, sekaligus mensukseskan ajang Pemilu dan Pilpres 2019. “Ini untuk optimalisasi partisipasi pemilih dengan menyasar basis segmentasi pemilih,” ucapnya.

Lebih lanjut Fatkhur menjelaskan, relawan-relawan demokrasi ini akan menyasar 11 basis segmentasi pemilih dalam sosialisasinya.

“Ada segmentasi pemilih pemula, pemilih muda, pemilih disabilitas, pemilih perempuan, pemilih komunitas, pemilih keagamaan, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marjinal, pemilih adat istiadat dan kebudayaan, pemilih netizen,” ujarnya.

Ia mengatakan, paska Bimbingan Teknis (Bimtek), akan membuat RTL, rencana kerja dan output target partisipasi kegiatan. “Mereka mulai bertugas sejak bulan Februari hingga 17 April 2019,” tuturnya.

Sekadar diketahui, sebelum melakulan deklarasi, 55 relawan demokrasi untuk Pilpres dan Pemilu 2019 lebih dahulu dilantik oleh KPU Lamongan. (Rinto Caem)