by

BPBD Lamongan: 180 Rumah Tergenang Banjir Luapan Kali Suwuk Paciran

BPBD Lamonganmencatat sebanyak 180 rumah di Perumahan Graha Indah Pacirantergenang banjir luapan kali Suwuk.

“Ada 60 rumah di Blok C dan Blok D 120 rumah. Selain rumah, jalan penghubung antardesa juga terputus,” kata Suprapto, Kepala BPBD Lamongan, Senin (28/1/2019).

Akibat banjir bandang ini, warga yang rumahnya tergenang untuk sementara diungsikan ke rumah warga lain yang tidak terdampak banjir.

“Langkah yang kami ambil diantaranya mengevakuasi kelompok rentan, yaitu anak-anak dan lansia. Serta mengirimkan 2 perahu karet untuk mengevakuasi warga,” ucapnya.

Menurut Suparpto, banjir tersebut terjadi akibat luapan Kali Suwuk yang tak mampu menampung volume air karena curah hujan tinggi.

Baca juga:  Jusuf Kalla: Pemerintah Tak Mampu Blokir Situs Radikal

“Karena tadi malam terjadi hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan luapan di sungai, karena tidak bisa menampung intensitas debit air yang sangat tinggi,” tuturnya.

Saat ini ketinggian air sudah surut dan tinggi genangan air yang tersisa antara 40 centimeter hingga 50 centimeter.

Meski banjir mulai surut, namun petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) yang terdiri dari BPBD Lamongan, jajaran pemerintah Kecamatan Paciran, Satpol PP, petugas Pemadam Kebakaran dan para relawan tetap siaga di lokasi untuk membantu mengevakuasi warga.(RINTO CAEM)

loading...

Loading...

News Feed