by

Jokowi ke Pelaku UMKM: Saya Pernah Hidup Susah, Jangan Menyerah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memotivasi pelaku Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk selalu kerja keras dalam berusaha. Jokowi mengambil contoh dirinya saat masih muda.

“Memang, kita ini kalau masih kecil harus kerja keras. Nanti kalau naik ke tingkat menengah, apalagi tingkat atas, yang bergerak beda lagi. Untuk awal, saya rasakan, tidak hanya setahun, tapi 9 tahun kerja dari pagi sampai pagi saya alami,” ujar Jokowi di Lapangan Asrama Polisi Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1/2019).

Dalam ceritanya, Jokowi kecil sempat tinggal di bantaran kali. Jokowi pun ingin memperbaiki taraf hidupnya dengan membuka usaha mebel di Solo, Jawa Tengah.

Baca juga:  Gila, Whatsapp Dukung LGBT

Jokowi mengatakan hidup susah pernah dialaminya. Namun, ia tidak menyerah.

“Ibu-ibu kan tahu kehidupan kecil saya, sudah tahu semua kan? Hidup di pinggir kali, susah, hidup menderita, kesulitan sudah makanan sehari-hari saya. Tapi jangan menyerah pada keadaan, karena yang bisa mengubah diri kita sendiri,” kata Jokowi.

Jokowi meminta pelaku UMKM memanfaatkan Mekaar dengan sebaik mungkin.

“Gunakan sebaik-baiknya program Mekaar. Saya melihat wajahnya optimis, cerah. Nanti 2 tahun lagi saya lihat. Jangan dari 2 warung ke 5 warung, nanti kalau sudah 200 warung,” ujar Jokowi.[detikcom]

loading...

Loading...

News Feed