Lamongan Raih Adipura

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kembali mendapat anugerah tertinggi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup, yakni Piala Adipura.

Anugerah 2018 yang diserahkan di 2019 ini diterima Bupati Fadeli dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2018).

Piala Adipura di tahun 2019 ini, menjadikan Lamongan di era Bupati Fadeli belum pernah absen mendapatkan Adipura. Bahkan secara berturut-turut, di tahun 2013 dan 2014, Kabupaten Lamongan meraih Adipura Kencana.

Baca juga:  PERADIN Jatim Berikan Sumbangan Duka Cita

Selain Adipura, tahun ini ada tiga lembaga pendidikan yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sebuah apresiasi tertinggi bidang pengelolaan lingkungan hidup di level lembaga pendidikan. Yakni SMAN 2 Lamongan, MAN Lamongan, dan SMPN 1 Lamongan. Sementara SDN 2 Tambakrigadung meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Rahasia konsistensi Lamongan, terjadi karena keguyuban masyarakat Lamongan dalam turut serta menjaga lingkungannya,” kata Fadeli usai menerima penghargaan tersebut.

Fadeli menambahkan, Lamongan memiliki keunggulan dalam pengelolaan sampah pemukiman melalui Program Lamongan Green and Clean (LGC). Sebuah program yang dirancang untuk membudayakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Baca juga:  Ini Dia Video Polisi Rampas Bendera Kalimat Tauhid saat Penyambutan Raja Salman

“Piala Adipura ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Lamongan. Untuk bapak-bapak dan ibu-ibu di kampung yang selama ini telah turut menjaga lingkungannya,“ ujar Fadeli. (Rinto Caem)