Ditinggal Doni Monardo, Sekjen Wantanas Sebaiknya Diisi TNI AL

Sekjen Wantanas sebaiknya diisi dari TNI AL setelah ditinggal oleh Letjen Doni Mardano karena menjadi Kepala BNPB.

Demikian dikatakan Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas NH Kertopati dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (9/1/2019). Kata Nuning panggilan akrabnya, Perwira TNI AL yang berkompeten terhadap masalah kemaritiman dan situasi global.

“Posisi sebagai Sekjen Wantannas yang ditinggalkannya patut mendapat pengganti yang lebih berorientasi kemaritiman. Tugas Sekjen Wantannas yang baru juga harus memperhatikan situasi keamanan eksternal,” kata Nuning.

Ia menilai dinamika konflik Laut China Selatan memerlukan perhatian Sekjen Wantannas yang baru agar mampu memberikan masukan yang tepat kepada Presiden.

Selain itu, keseimbangan kondisi keamanan nasional dan situasi keamanan regional harus mendapat porsi yang seimbang dalam menjabarkan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Tepatlah kiranya jika kali ini Sekjen Wantannas yang baru dijabat oleh Perwira Tinggi dari TNI Angkatan Laut, terlebih perwira yang memiliki kapabilitas sebagai akademisi guna melakukan berbagai analisis keamanan,” pungkasnya.