Harga Ikan di Lamongan Meroket

Harga ikan air tawar dan ikan laut di pasar ikan Lamongan Meroket. Penyebab harga ikan melambung tinggi disinyalir penurunan pasokan dari para nelayan.

Kenaikan harga ikan tersebut mencapai 30 persen dari harga sebelumnya dan berlaku untuk hampir semua jenis ikan air tawar dan ikan laut.

Dikutip dari Times Indonesia, harga ikan air tawar jenis bandeng yang sebelumnya seharga Rp26 ribu, kini menjadi Rp31 ribu per kilogram, ikan mujair yang sebelumnya Rp24 ribu kini menjadi Rp40 ribu, serta udang yang sebelumnya Rp45 ribu, kini menjadi Rp55 ribu per kilogram.

Baca juga:  Selamat, Presiden Jokowi Punya Cucu Kelima dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Sedangkan untuk harga ikan laut jenis kuningan sebelumnya Rp12 ribu, kini Rp13 ribu per kilogram Cumi-cumi sebelumnya Rp35 ribu, kini menjadi Rp45 ribu per kilogram, serta ikan selar sebelumnya Rp10 ribu, kini Rp12 ribu per kilogram.

Menurut Hudari, penjual ikan air tawar di pasar ikan Lamongan, kenaikan harga ikan air tawar sudah berlangsung selama kurang lebih sepekan terakhir, karena pasokan ikan menurun.

“Untuk ikan tawar, kan sekarang baru waktunya menebar benih dan stoknya sudah habis,” kata Hudari, Jumat (4/1/2019).

Hal yang sama juga diutarakan Masrip, penjual ikan laut. Menurutnya, pasokan ikan dari nelayan memang sedang menurun akibat cuaca buruk.

Baca juga:  SDN Pucangtelu Kalitengah Peringati Maulid Nabi dengan Bersholawat & Pengajian

“Harga ikan laut sekarang mahal, nggak ada yang melaut, nelayan nggak berani karena anginnya kencang,” tutur Masrip, saat ditemui di pasar ikan Lamongan. (Rinta Caem)