Tim Sukses Jokowi Terlibat Pemerasan Dana Pendidikan

KPK telah menetapkan tersangka Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar terlibat dalam pemerasan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Irvan merupakan tim sukses Jokowi untuk Pilpres 2019 dan juga beredar videonya yang meminta warganya untuk memilih Jokowi.

Irvan diduga memangkas anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan sebesar Rp 46,8 miliar. Total duit itu dipotong sekitar Rp 6,786 miliar atau 14,5 persen untuk dibagi-bagi Irvan dengan kroninya.

“Seharusnya (anggaran yang dipangkas) digunakan oleh sekitar 140 SMP di Cianjur untuk membangun fasilitas sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium, atau fasilitas lain,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018).

Baca juga:  HRS Pulang, Wagub DKI Khawatir Muncul Klaster Baru

Basaria menyayangkan perbuatan Irvan yang memangkas anggaran itu sedari awal. Padahal, menurut Basaria, uang itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan siswa.

“Jelas yang menjadi korban adalah para siswa di Cianjur dan masyarakat yang seharusnya menikmati anggaran DAK tersebut secara maksimal,” kata Basaria.