Bupati Lamongan Panen Raya Cabai

Bupati Lamongan Fadeli panen raya cabai di Desa Sukorame, Rabu (28/11/2018).

Dalam sambutannya, Fadeli mengaku takjub dengan ketelatenan petani Sukorame. Sehingga ketika daerah pertanian lain belum bisa berproduksi, petani Sukorame masih bisa panen cabai besar.

Terlebih pemerintah saat ini memang sedang mendorong petani untuk membudidayakan hortikultura seperti cabai. Karena komoditas ini bisa menjadi penahan laju inflasi di daerah.

Terkait tengkulak yang terkadang meminta cabai yang masih berwarna hijau ke petani, menurut dia itu tidak masalah. Karena petani masih tetap mendapatkan keuntungan.

Dalam kondisi hijau, cabai besar dari petani dihargai Rp 11 ribu perkilogram. Sedangkan jika dalam kondisi merah, harganya bisa mencapai Rp 16 ribu perkilogram.

Namun, dengan memanen cabai besar dalam kondisi hijau, petani bisa menambah intensitas panen. Karena untuk cabai bisa sampai berwarna merah, dibutuhkan waktu satu bulan.

Budidaya cabai besar ini berpeluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan produktivitas 1,5 ton perhektare, harga Rp 11 ribu perkilogram untuk cabai besar hijau dan bisa dipanen hingga sepuluh kali, maka omzet petani dalam setiap hektarnya bisa mencapai Rp 165 juta.(Rinto)