Akper Lamongan Punya Standar yang Sama dengan Unair

Akademi Keperawatan (Akper) Lamongan kini memiliki standar kompetensi sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Saat ini Akper Lamongan sudah di bawah Unair.

Penyerahan Akper Lamongan ke Unair dilakukan di Pendopo Lokatantra, Selasa (25/9/2018). Bupati Fadeli menghadiri penyerahan tersebut bersama Rektor Unair Prof Mohammad Nasih.

Akper ini sebelumnya berada di bawah pengelolaan Pemkab Lamongan. Sementara ada amanah Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-undang ini diantaranya terkait pemerintah daerah yang hanya diberi kewenangan pengelolaan pendidikan dasar. Sementara perguruan tinggi menjadi kewenangan pusat.

Nasih memberi tugas khusus kepada Wakil Rektor I Unair agar menjamin kualitas Akper Lamongan. Di sisi lain, meski sudah dialihkan kepada Unair, ia berharap masih ada komitmen dari Pemkab Lamongan.

“Ini karena ada aturan baru, sehingga Akper Lamongan harus dimerger dengan Unair. Padahal Saya memiliki cita-cita yang belum tercapai, mendirikan perguruan tinggi negeri di Lamongan,“ ujarnya.

Dia menyebut penyerahan itu sebagai momen yang tepat, untuk melanjutkan cita-cita tersebut. Dengan harapan, perguruan tinggi negeri bisa berdiri di Lamongan dari rahim Unair.