Sudirman Said Dilarang, Tsamara Diperbolehkan Bicara di UGM

Ada perlakuan yang berbeda yang dilakukan Universitas Gajah Mada (UGM) terhadap Politikus Gerindra Sudirman Said dan Politikus PSI Tsamara Amany. UGM tidak mengijinkan Sudirman Said berbicara di UGM tetapi membiarkan Tsamara.

“Menjadi pembicara akademik dan lain sebagainya tidak masalah. Selama itu kemudian fair, berimbang, enggak masalah,” kata Kabag Humas UGM Iva Ariani, Rabu (14/11) dikutip dari detik.

Kata Iva, Tsamara berada di UGM tidak dalam rangka kampanye. “Ada aturan yang kemudian harus kita perhatikan,” paparnya.

kehadiran Tsamara di UGM tidak bisa dibandingkan dengan kasus pembatalan seminar dengan narasumber Sudirman Said beberapa waktu lalu. Menurutnya kedua kasus tersebut berbeda.

“Sekali lagi yang kasus Pak Sudirman itu kan kita tidak menentang beliaunya, tapi kan itu prosedur yang salah. Tapi setelah itu juga ada banyak kok kita mengundang politisi dan sebagainya, enggak masalah selama itu berimbang,” tuturnya.

Tsamara Amany memang datang menjadi pembicara talkshow ‘Perempuan dalam Kebijakan Publik’ di Digilib Cafe Fisipol UGM sore tadi. Menanggapi hal tersebut, Tsamara menegaskan kedatangannya di acara ini bukan untuk berkampanye.

“Saya di sini berbicara sebagai murni masalah gender, masalah kekerasan seksual. Enggak ada niat kampanye apapun begitu ya. Saya enggak mengajak untuk memilih,” ujarnya.