Peringati Hari Pahlawan, SMA N 2 Lamongan Gelar Drama Kolosal

SMA 2 N Kabupaten Lamongan menggelar drama kolosal bertemakan perjuangan rakyat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Drama kolosal ini dimainkan teater Citra SMA N 2 Lamongan bertepatan peringatan hari Pahlawan, Sabtu (10/11).

Pembina Teater Citra SMADA Lamongan, Niko Dwi Ariyanto mengatakan, drama kolosal ini berdurasi sekitar 25 menit dengan melibatkan puluhan pemain yang merupakan siswa SMA N 2 lamongan. “Aktor ada sekitar 78 pemain,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya drama kolosal ini memberikan info kepada siswa-siswa mengenai perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan terdahulu.

“Apalagi anak-anak generasi milenial, kalau mereka tidak cari di YouTube, kalau tidak dapat dongeng dari nenek-neneknya sebenarnya tidak akan tahu sejarah seperti itu, makanya saya ingin munculkan dari info-info pertunjukan itu,” tuturnya.

Sedangkan Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum SMA N 2 Lamongan, Hamim mengapresiasi apa yang dilakukan oleh teater Citra dalam membuat drama kolosal ini.

Kegiatan semacam ini bagus, kita semua tahun zaman sekarang ini berbeda dengan era zaman dahulu, kegiatan semacam ini untuk mengingatkan kembali bahwa masa-masa itu bagaimana perjuangan orang-orang dulu untuk memerdekakan kita setelah lepas dari penjajahan, Merdeka kemudian ada penjajahan lagi dan akhirnya benar-benar Merdeka,” ujarnya.

Hamim menjelaskan, dengan adanya drama kolosal itu membuat para siswa lebih bersemangat untuk berjuang dalam berprestasi.

“Ini mengingatkan kepada anak-anak, bagaimana orang dulu berjuang jiwa dan raga, harta kalau dibanding dengan anak-anak sekarang itu kurang. Dengan melihat ini diharapkan anak-anak bisa bangkit semangatnya, paling tidak semangat untuk menggapai cita-citanya,” pungkasnya. (Rinto)