Malaysia Tertarik Tank Harimau Buatan PT Pindad

Menteri Pertahanan (Menhan) Malaysia YB Tuan Haji Mohamad nin Sabu tertarik dengan sejumlah produk industri pertahanan milik PT Pindad, di antaranya Medium Tank Harimau, kendaraan taktis (rantis) Komodo ukuran 4×4 dan Panser Anoa ukuran 6×6.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengungkapkan ketertarikan Menhan Malaysia itu usai menerima kunjungan Menhan Malaysia saat Pameran Indo Defence 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

“Mereka tertarik dengan tank medium, panser 4×4 dan 6×6 serta small amunisi 556 mm. Alasannya karena kualitas, performance yang dinilai bagus. Menurut dia, kalau harganya kompetitif kan menjadi lebih baik,” ujar Abraham.

Baca juga:  Awalnya Ejek Latihan Debat & Akhirnya Ikut Latihan Debat, Pengamat: Jokowi tak Konsisten

Ia menambahkan, selama ini Malaysia sudah menggunakan produksi Pindad seperti amunisi kaliber 55 mm dan senjata submachine gun, SS2 dan pistol.

“Amunisi kan sudah berjalan, sekarang kan mau ke kendaraan tempur makanya kami kenalkan yang medium tank, Komodo 4×4 dan Anoa 6×6,” imbuhnya.

Menurut Abraham, medium tank yang dibuat atas kerja sama dengan perusahaan asal Turki, FNSS memiliki berbagai keunggulan seperti antiranjau, punya ketahanan balistik sampai kaliber 30 mm, kemudian dilengkapi 360 derajat kamera, thermal kamera untuk melihat semuanya, termasuk laser warning system.

Baca juga:  Dokter Bercadar & Gratiskan Pasien Protes Film "My Flag - Merah Putih vs Radikalisme"

“Jadi tank akan tahu kalau terdeteksi dan bisa mengeluarkan granat asap untuk mengaburkan posisi, baru dia menembak,” terangnya. (okezone).