by

Ditemukan Bangunan Era Airlangga di Lamongan

Bangunan suci yang diyakini peninggalan era Airlangga ditemukan di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng Lamongan Jawa Timur.

Arkeolog dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan dalam ekskavasi tahap kedua ini menemukan luas bangunan yang diperkirakan adalah bangunan suci, panjang sekitar 24 meter dengan lebar 16 meter.

Bangunan suci ini berdasarkan data sementara seperti bangunan wihara.

Keyakinan itu menurut Wicaksono didukung bentuk bangunan tidak simetris, menghadap ke barat dan masih ada indikasi lainnya.

“Setidaknya ada reruntuhan-runtuhan batu yang berbentuk bulat seperti susunan stupa,” ungkap Wicaksono ketika dilokasi ekskavasi di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng, Kamis (25/10).

Baca juga:  Gayus Keliaran Di Luar, Ada Dugaan Peran Istana, Ada Kepentingan Apa?

Proses ekskavasi di Situs Patakan ini tergolong menarik. Pasalnya, selain berhasil menyingkap luasan situs, BPCB Trowulan juga berhasil menemukan pagar barat yang bangunannya sudah mengkombinasikan antara bagu kulit dengan batu putih atau batu kumbung yang memiliki panjang sekitar 40 sentimeter.

Terkait dengan usia situs, Wicaksono mengaku untuk sementara masih mengaitkan dengan prasasti Patakan, yang juga ditemukan di desa ini, yaitu jaman Airlangga.

Tim ekskavasi tak mudah melakukanya karena ditemukan kesulitan yang paling signifikan yakni, volume dari batu runtuhan ini ternyata diluar perkiraan, termasuk bentuk dan luasan bangunan.

loading...

News Feed