by

Ini Cara Kenalkan Makan Ikan di Lamongan

Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan melakukan berbagai jenis inovasi makanan berbahan ikan agar konsumsi ikan meningkat.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Arif Soedjanarta, Kamis (25/10).

Arif sendiri mengakui konsumsi ikan di Lamongan sangat rendah bahkan ada yang alergi. “Kami mengajak dinas kesehatan untuk memberikan solusi. Itu bidang kesehatan,” ungkapnya.

Ia mengatakan membuat berbagai jenis makanan dari ikan seperi bakso, nuget.

Selain itu, Arif mengatakan, gerakan makan ikan sangat terkait dengan istri Bupati Lamongan Makhdumah Fadeli sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan)

Baca juga:  Keblinger, Ulil JIL Tegaskan LGBT Sesuai Budaya Indonesia

Terkait anggaran gerakan makan ikan, kata Arif dimulai musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) dari tingkat kecamatan.

“Program gerakan makan ikan justru bukan dari KKP tetapi dari istri Mendagri sebagai pelindung. Kami di bidang penguatan daya saing produk perikanan,” jelasnya.

Sebelumnya kabupaten Lamongan pernah mengadakan lomba makanan berbahan ikan. Ada wingko berbahan dasar ikan bandeng. Bahkan ada puding berbentuk ikan yang bahan utamanya benar -benar dari ikan.

Ketua Forikan Lamongan, Makhdumah Fadeli memberikan apresiasi lomba makanan berbahan ikan.

“Di sini bisa dilihat bagaimana kreativitas ibu-ibu dalam mengolah ikan. Tidak hanya dimasak yang itu – itu saja. Tapi kita bisa mengolah ikan menjadi makanan atau kudapan agar tidak membosankan. Karena ikan mengandung banyak sekali gizi. Jadi harus dibiasakan sejak dini,” tutur istri Bupati Lamongan, Fadeli, itu. (Rinto)

loading...

Loading...

News Feed