Manfaat Susu Kambing Etawa

Penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa susu kambing memiliki kandungan yang paling lengkap dan susunan protein serta komposisinya hampir mirip dengan ASI, sehingga lebih memungkinkan bagi bayi untuk menerima susu kambing di bandingkan dengan susu sapi.

Butuh waktu lebih lama bagi tubuh kita untuk mencerna susu sapi sekitar 2 – 3, sedangkan susu kambing bisa dicerna hanya dalam 20 menit saja. Ini disebabkan karena komposisi serta struktur lemak susu kambing lebih lembut dari susu sapi, memudahkannya juga untuk tercampur dengan lebih merata. Sekarang banyak dikenal susu kambing etawa karena jenis kambing ini memang penghasil susu yang paling banyak diternakkan. Kita akan bahas beberapa manfaat dari susu kambing Etawa.

Berikut ini manfaat susu kambing etawa

1. Memperkuat tulang

Memperkuat tulang, mencegah pengapuran pengapuran tulang bagi lansia dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), karena susu kambing merupakan sumber Kalsium dan asam amino triptofan. Kalsium pada susu kambing etawa lebih banyak dari pada susu sapi. Di dalam kandungan susu kambing etawa terdapat Sodium bio-organik yang berguna untuk menjaga persendian tetap lentur dan sehat.

2. Obat gangguan pernapasan

Sebagai obat untuk penderita gangguan prnapasan, seperti: TBC, Asma, Bronchitis, Pneumonia dll. Ini dikarenakan susu kambing etawa mengandung Flourin dan Betakasein. Selain itu, lemak di susu kambing lebih rendah sehingga tidak menumpuk seperti yang terjadi pada susu sapi, inilah yang meyebabkan penumpukan lender pada orang yang konsumsi susu sapi sehingga tidak cocok bagi orang yang mengalami masalah pernapasan.

3. Bagus untuk penderita Diabetes

Di dalam susu kambing etawa terdapat kandungan A2-betakasein dan asam amino esensia yang berfungsi untuk membantu kerja pankreas dalam menghasilkan insulin yang berguna bagi penderita diabetes.

4. Memperbaiki sistem pecernaan dan menurunkan berat badan

Susu kambing etawa memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan karena mengandung lemak protein yang berantai pendek sehingga lebih mudah dicerna dan tidak membuat iritasi pada usus. Mineral alkaline yang terkandung dapat membantu menetralisir asam lambung yang berlebihan (maag kronis).

Selain itu, dalam banyak kasus dapat menyembuhkan alergi pada saluran pencernaan bayi yang dia akibatkan alergi susu sapi. Susu kambing ini juga dapat menekan rasa lapar sehingga efektif dan cocok untuk menurunkan berat badan (diet). Kandungan protein yang baik membantu membakar lemak lebih cepat, jadi minumlah sesudah makan.

5. Tidak menyebabkan alergi

Susu kambing tidak menyebabkan alergi seperti susu sapi, karena tidak mengandung protein kompleks. Protein susu sapi Lactoglobulin yang ada pada susu sapi diduga sebagai penyebab terhadap kasus alergi yang terjadi. Sehingga banyak yang menggantinya dengan susu kedelai tapi ada sekitar 20 – 50% bayi juga masih alergi dengan susu kedelai.

Oleh karena itu susu kambing etawa lebih direkomendasikan sebagai pengganti susu sapi, karena lebih mudah diterima dan kandungan nutrisinya juga lebih lengkap jika dibandingkan dengan susu kedelai. Gelembung lemak yang ada pada susu kambing etawa hanya 1/9 dari yang dimiliki susu sapi, sehingga iritasi pada usus dapat dihindari.

6. Antiseptik

Kandungan fluorine yang besar pada susu kambing etawa sekitar 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi, bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakkan bakteri yang ada di dalam tubuh.

7. Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing etawa mengandung sekitar 35% asam lemak esensial lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi yang hanya sekitar 17%. Selain itu, susu kambing etawa lebih terasa khasiatnya kalau diminum dalam keadaan yang masih mentah, bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.

8. Bagus untuk penderita darah tinggi, kolestrol dan jantung

Ada mitos yang mengatakan bahwa susu kambing tidak boleh dikonsumsi penderita hipertensi (darah tinggi), tapi itu tidaklah benar. Justru kandungan Kalium (Potassium) yang terkandung dalam susu kambing etawa justru berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol darah, bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke, serta membantu mencegah radang pembuluh darah (aterosklerosis). Selain itu juga mengandung MCT (Medium Chain Trygliseride) yang membantu penyembuhan orang yang terkena stroke.

9. Menyehatkan kulit

Susu kambing etawa juga dijadikan produk perawatan kulit, seperti: sabun, masker wajah dan lulur. Kandungan susu kambing etawa berguna untuk menghaluskan kulit dan mengecilkan pori – pori di wajah sehingga kulit wajah terbebas dari berbagai masalah seperti jerawat. Juga dapat digunakan orang yang sedang mengalami alergi pada kulitnya.

10. Manfaat bagi otak

Susu sapi tidak mengandung pra bentuk vitamin A yang dimiliki oleh susu kambing etawa, pra bentuk vitamin A lebih mudah diserap dan disimpan dalam tubuh. Kolestrol sangat penting untuk menjaga kesehatan dari mielin yang ada di otak, tidak seperti kolestrol yang terdapat pada susu sapi, kolestrol yang terkandung pada susu kambing etawa lebih cepat diserap sehingga lebih bermanfaat bagi tubuh dan otak. Riboflavin (vitamin B2) dan B3 yang terdapat di susu kambing etawa memiliki kemampuan untuk menumbuhkembangkan sel otak dan sel sistem syaraf sehingga baik bagi kecerdasan anak dan menurunkan frekuensi terkena serangan migrain, juga sebagai penambah energi saat sedang diet.

11. Kandungan protein yang tinggi

Kandungan protein pada susu kambing etawa lebih besar dari susu sapi, menempati urutan ke 2 setelah telur dan hampir setara dengan sapi. Maka, para dokter menganjurkan untuk memberikan susu kambing pada anak yang baru disapih, mengingat resiko alergi akibat protein kompleks serta kandungan laktosa yang rendah, meminimalkan efek alergi serta diare. Dapat juga diminum oleh ibu hamil karena bisa melancarkan ASI.

12. Kandungan nutrisi lain yang juga bermanfaat

Mengandung cynokobalamin sebagai pembentuk zat HB yang berguna bagi penderita talasemia, demam berdarah, dan anemia. Terdapat juga enzim xanthine oxydase dan niasin (vitamin B3) yang berfungsi untuk mengatasi sel kanker atau tumor dan juga bisa digunakan untuk mengurangi efek toksin yang ditimbulkan dari kemoterapi.

Waah, banyak banget kan manfaat dari susu kambing etawa. Memang banyak yang bilang untuk meminumnya saat masih mentah, alias baru diperah. Tapi sudah jarang susu yang di jual langsung setelah diperah, kebanyakan hanya ada di daerah-daerah yang dekat dengan peternakan. Selain itu, peminat susu kambing etawa murni sangat kurang, mengingat baunya yang kurang enak, masih bau kambing dan enggannya orang minum susu mentah karena takut masih terdapat bakteri. Sehingga yang banyak dijual adalah susu kambing etawa yang sudah diproses atau dimasak sehingga tidak bau amis kambing lagi, bahkan sudah ada yang memproduksi dalam bentuk bubuknyadan tinggal diseduh. (okdologi).