Terlibat Suap Meikarta, Tim Sukses Jokowi Ditangkap KPK

Tim sukses Joko Widodo (Jokowi) yang juga Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin (IST)

Tim sukses Joko Widodo (Jokowi) yang juga Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin ditangkap Komisi Pemberantasan korupsi karena terlibat suap dengan Proyek Meikarta.

“Untuk Bupati sedang dijemput dan dibawa ke KPK,” kata Jurubicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/10).

Selain Neneng, ada 9 orang yang telah diamankan KPK. Mulai dari kepala dinas di Kabupaten Bekasi hingga pihak-pihak swasta.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan telah membenarkan bahwa serangkaian OTT di Kabupaten Bekasi terkait dengan dugaan perizinan proyek Meikarta.

Nama Neneng lantas tercantum dalam tim pemenangan Jokowi – Ma’ruf wilayah Jawa Barat yang diketuai mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Berdasarkan Surat Keputusan nomor 015/KPTS/TKN-JKWMA/IX/2018 yang diterbitkan Tim Kampanye Nasional, Neneng tercatat sebagai pengarah teritorial bersama Wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Posisi pengarah teritorial sendiri memang disiapkan bagi kader partai politik pendukung yang memimpin suatu daerah. Selain Neneng dan Eka, tercatat juga nama Walikota Bekasi Rahmat Effendy, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, Bupat Bogor Nurhayanti hingga Bupati Bandung Dadang Naser.