Ini Dia Orang-orang yang Pernah Bohongi Beberapa Presiden Indonesia

Kejadian yang menimpa Prabowo Subianto telah dibohongi Ratna Sarumpaet mengingatkan beberapa Presiden Indonesia pernah tertipu oleh seseorang.

Dalam catatan wartawan senior Hersubeno Arief, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri pernah tertipu Menteri Agama saat itu Said Agil Al Munawar.

Megawati tertipu atas pernyataan Said Aqil Al Munawar bahwa di Istana Batu Tulis, Bogor tersimpan banyak harta karun. Harta tersebut bisa untuk membayar utang negara.

SBY tertipu blue energy (IST)

Presiden SBY juga pernah terpedaya Joko Suprapto seorang pria asal Nganjuk, Jatim yang mengaku bisa mengubah air menjadi energi listrik. Dia menyebutnya sebagai terobosan teknologi bernama blue energy.

Baca juga:  Ini Dia Alasan UGM Tolak Fahri Hamzah Beri Ceramah di Masjid Kampus

Presiden Jokowi juga pernah menjadi korban kebohongan. Seorang remaja asal
Banyuwangi, Jatim yang dikenal sebagai Afi Nihaya Faradisa sempatik diundang ke istana karena banyak disanjung sebagai penulis hebat. Belakangan ketahuan tulisannya hasil plagiat.

Pada masa Orde Baru Wapres Adam Malik meyakini Cut Zahara Pona seorang perempuan asal Aceh yang mengaku bayi dalam kandungan bisa bicara dan mengaji.

Sementara Presiden Soekarno juga pernah dibohongi tukang becak dan seorang pelacur asal Tegal, yang mengaku sebagai Raja Idrus dan Ratu Markonah.

Keduanya mengaku sebagai Raja dan Ratu Suku Anak Dalam dan bisa membantu pembebasan Irian Barat. Karena itu mereka diundang ke Istana dan disambut secara resmi.

Baca juga:  Saat Mau Jebak, Ini Dia Video Anies Nasehati Wartawan Kompas TV

Cerita tentang Gus Dur lain lagi. Tukang pijatnya bernama Suwondo berhasil menipu Yayasan Dana Kesejahteraan Karyawan (Yanatera) Badan Urusan Logistik (Bulog) dan membobol uang yayasan itu hingga Rp 35 miliar