Wartawan Senior: Dipermalukan Masih Dukung Jokowi, Mahfud MD tak Punya Muruah

Edy A Effendi (IST)

Wartawan senior mengomentari dukungan mantan Ketua MK Mahfud MD kepada Jokowi-KH Ma’ruf di Pilpres 2019.

“Mahfud MD sudah dipermalukan, masih saja dukung Jokowi. Gak punya muruah,” kata wartawan senior Edy A Effendi di akun Twitter-nya @eae18.

Mahfud mengatakan, kehadiran dirinya dalam acara kunjungan Kiai Ma’ruf ke kediaman almarhum Gus Dur bukan karena adanya ikatan biologis dengan kedua belah pihak. Namun, lebih kepada kedekatan ideologis.

“Secara ideologis dan hubungan kesantrian saya kan muridnya Gus Dur. Jadi saya adalah anak ideologis NU (Nahdlatul Ulama),” kata Mafud di Ciganjur, Rabu (26/9).

Ia mengatakan, Kiai Ma’ruf merupakan tamu penting yang juga merupakan keluarga NU. Apalagi, Ma’ruf juga pernah menjadi Rais Aam NU. Maka dari itu, sebagai anak ideologis NU, kedatangan Mahfud murni untuk menyambut tamu penting Kiai Ma’ruf di kediaman keluarga Gus Dur.

Kedatangan Kiai Ma’ruf bertepatan dengan hari pengumuman pernyataan dukungan barisan Kader Gus Dur. Yenny Wahid direncanakan akan menyampaikan sikap dukungan kepada salah satu pasangan calon di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).