Jokowi Nantang Adu Program, Mantan Anggota DPR: 66 Program Pilpres 2014 Masih Mangkrak

Djoko Edhi Abdurrahman (IST)

Program Joko Widodo (Jokowi) masih banyak yang mangrak namun masih tetap menantang lawan politiknya adu program di Pilpres 2019.

“Capres Jokowi nantang adu program? Adu program? 66 biji program pilpres 2014 mangkrak, mau adu program lagi?” kata mantan anggota DPR Djoko Edhi Abdurrahman di akun Twitter-nya @jokoedy6.

Kata Djoko, 66 program Jokowi yang masih mangrak tidak bisa diadu dengan kubu Prabowo.

Bgn cara adu program? Apa program bohong mangkrak itu mau diadu?” tanya Djoko.

Pengamat politik LIPI Hermawan Sulistyo mengatakan, Presiden Jokowi harus melakukan evaluasi internal pemerintahannya karena sejumlah proyek infrastruktur masih mangkrak. Padahal, infrastruktur merupakan salah satu program andalan dalam Nawacita Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

“Presiden harus melakukan evaluasi internal. Jangan sampai program Nawacita yang sudah disusun bersama pak JK, kandas di tangan menteri-menteri,” kata Hermawan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/5).

Beberapa proyek infrastruktur yang mangkrak itu, diantaranya pembangunan Pelabuhan Tanjung Beringin, Pelabuhan Tanjung Berakit, Pelabuhan Dompak, Pelabuhan Mocoh, dan Pelabuhan Meranti di Sumatera, pembangunan Pelabuhan Pacita di Jawa Timur (Jatim), pembangunan Pelabuhan Matasiri, Pelabuhan Batatunjung, dan Pelabuhan Penajam Paser di Kalimantan, serta pembangunan Pelabuhan Sarmi di Papua.